Rasa Suka, Rahasia Dewi Lestari Buat Tulisan Terbaik

Senin, 27 April 2015 08:55 Penulis: Risang Sudrajad
Rasa Suka, Rahasia Dewi Lestari Buat Tulisan Terbaik Dewi Lestari @foto: © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Dari banyaknya penulis di Indonesia, nama Dewi Lestari sudah sangat dikenla baik oleh banyak orang. Banyak karyanya yang menjadi perbincangan hangat atau diangkat ke dalam sebuah film layar lebar seperti FILOSOFI KOPI.

Membuat sebuah karya yang istimewa tentunya diperlukan trik tersendiri. Bagi Dewi Lestari sendiri, rasa suka harus sudah ditumbuhkan sejak pertama ia menulis. Bagi penulis yang juga seorang penyanyi itu, ada banyak aspek yang bisa dijadikan ide tulisannya nanti seperti lingkungan dan atau hal spiritual.

"Pada prinsipnya kalo aku menulis itu adalah menulis buku yang pengen aku baca. Jadi angle-nya yang aku suka. Aku suka tanaman, lingkungan, aku suka hal-hal yang sifatnya spiritual, aku suka drama percintaan. Ya uda elemen-elemen yang aku suka itulah yang aku gali untuk menjadi sebuah karya," ujar Dewi Lestari saat ditemui di The East Building, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/4).

Dewi Lestari @foto: © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoDewi Lestari @foto: © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Dewi Lestari yang kini sedang sibuk untuk melanjutkan SUPERNOVA 6 itu juga menyebut bahwa proses rewrite merupakan salah satu step paling penting. Hal itu tentu saja berguna untuk menyempurnakan tulisan yang ia buat.

"Harus (proses rewrite), Perahu Kertas kan karya yang uda 11 tahun lalu yang sempat mati suri dibangunkan lagi ditulis ulang. Aku juga masih ada satu naskah lagi yang aku tulis ulang," ungkap Dewi Lestari.  

"Dan hampir semua buku, biasanya kalo kita menyelesaikan buku baru draf pertama namanya, setelah itu baru kita poles lagi poles lagi sering sekali proses rewriting harus terjadi," pungkas pelantun Malaikat Juga Tahu ini. 

(kpl/hen/abl)

Editor:

Risang Sudrajad


REKOMENDASI
TRENDING