Ritual Pandji Sebelum Naik Panggung Untuk Hilangkan Groginya

Sabtu, 17 Maret 2018 07:20 Penulis: Rezka Aulia
Ritual Pandji Sebelum Naik Panggung Untuk Hilangkan Groginya Komika satu ini ternyata tetap demam panggung sebelum mulai show. © KapanLagi.com/Budi Santoso

Kapanlagi.com - Setiap artis panggung pasti punya ritual khusus seblum naik panggung. Ritual di sini dimaksudkan beberapa egiatan yang mereka lakukan untuk menghilakan nervous sebelum naik panggung. Hal ini juga dilakukan Pandji Pragiwaksono sebelum naik panggung.

Komika yang telah melakukan tur dunia ini ternyata memiliki ritual sebelum naik panggung juga. Sebelum naik ke panggung Pandji meminta dua jam kosong untuknya beristirahat tidur siang. Nampaknya istirahat yang cukup membantu stamina Pandji untuk menyampaikan materi stand up-nya.

Salah satu aksi Pandji dalam turnyaa yang lalu. (pandji.com)Salah satu aksi Pandji dalam turnyaa yang lalu. (pandji.com)

"Dua jam sebelum tampil itu gak boleh ditempel kegiatan preskon, foto, atau apapun," ungkap Pandji saat ditemui di kawasan Cipete, Jumat (16/3). Setelah beristirahat Pandji mulai menulis ulang materi-materi yang akan ia sampaikan di atas panggung.

"Biasanya sambil komat-kamit (materi stand up), terus dengerin musik," ujar Pandji, "Sebelum naik panggung saya nonton komika pembuka saya. Kalau lucu saya jadi terhibur, sehingga bisa masuk dengan mood positif."

Pandji telah beberapa kali menggelar tur stand-up comedy, pada 2016 lalu ia menggelar tour di 24 kota di seluruh dunia. Pandji pun membocorkan caranya menghilangkan demam panggung dan grogi. "Sebenernya ini bukan super pertisius, tapi saya sebelum masuk panggung biasanya saya nepuk lantai. PLAK! gitu, kaya ngomong 'heh keluar lu grogi'," kata Pandji.

Dengan pengalam dan jam terbangnya sebagai aktor dan komika handal tak membuatnya bebas demam panggung. Setiap stand up Pandji mengaku tetap demam panggung. "Stand up itu sulit sekali. Pilihannya cuma lucu dan gak lucu, lebih lagi kalau stand up kita sendirian. Kalau sendirian dan gak lucu ya amsyong," terang Pandji.

"Grogi selalu ada tapi kuncinya di persiapan aja. Kalau saya udah matang persiapannya inshaallah saya akan baik-baik saja," pungkas Pandji. Well, nampaknya KLovers harus siap-siap beli tiket stand up comedy Pandji untuk mendengar materi cerdasnya. Pandji akan segera menggelar WOngsoyudan World Tour sebentar lagi, info lebih lanjut bisa didapatkan di twitter dan web Pandji.

(kpl/far/rna)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING