Sam Aliano Datangi KPU Demi Ajukan Sebuah Permohonan

Rabu, 08 Agustus 2018 18:37 Penulis: Guntur Merdekawan
Sam Aliano Datangi KPU Demi Ajukan Sebuah Permohonan Sam Aliano / Credit: KapanLagi - Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Nama Sam Aliano dalam beberapa waktu terakhir ini ramai jadi bahan perbincangan. Hal itu tak lepas dari keputusannya untuk maju sebagai calon Presiden, sebelum akhirnya memilih untuk ganti haluan jadi calon wakil Presiden mendampingi Jokowwqi di Pilpres 2019 mendatang.

Belum lama ini, Sam terlihat hadir memenuhi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengajukan permohonan pengunduran periode pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Rabu (8/8). Seperti diketahui, KPU telah menetapkan periode pendaftaran capres dan cawapres pada tanggal 4-10 Agustus 2018. Namun Sam berharap agar batas periode pendaftaran tersebut diperpanjang hingga 20 Agustus 2018.

"Saya ke sini memenuhi undangan KPU untuk perpanjang waktu pendaftaran capres dan cawapres hingga 20 Agustus, yaitu 10 hari perpanjangan waktu dari tangal 10 Agustus. Penetapan capres dan cawapres tangal 20 September artinya masih ada waktu cukup yakni 1 bulan dari tangal 20 Agustus," ujar Sam di KPU RI, Rabu sore.

Perpanjangan periode pendaftaran tersebut diajukan Sam mengingat dan mempertimbangkan sisa waktu pendaftaran yang hanya tinggal dua hari lagi. Padahal, hingga saat ini Mahkamah Konstitusi (MK) belum menerbitkan putusan terkait uji materi Presidential Threshold dalam Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

"Partai politik dan kandidat belum ada persiapan total untuk melaksanakan pendaftaran, terutama kandidat yang akan diusung karena seandainya MK membatalkan ambang batas 20% menjadi 0% maka kami (kandidat) tidak memiliki waktu cukup untuk melobi partai politik dalam sisa waktu hanya 2 atau 1 hari ini, itu tidak memungkinkan," tutur Sam Aliano.

Sam ingin mudahkan pekerjaan MK / Credit: KapanLagi - Fikri Alfi RosyadiSam ingin mudahkan pekerjaan MK / Credit: KapanLagi - Fikri Alfi Rosyadi


Sam Aliano menilai perpanjangan periode pendaftaran yang diajukannya juga akan membuat MK lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam memutuskan Presidential Threshold. "Keputusan MK terburu-buru dan cepat akan memberikan hasil keputusan yang tidak maksimal, maka akibat ini akan merugikan kami dan semua pihak. Saya harap MK mengabulkan permohonan saya," ucapnya.

Menanggapi permohonan itu, Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian yang ditunjukkan Sam Aliano. Dalam waktu dekat, KPU akan segera memutuskan dan membalas surat permohonan yang telah diterimanya.

"Saya akan mempelajari permohonan Pak Sam Aliano mengenai perpanjangan waktu pendaftaran capres-cawapres. KPU akan segera menjawab surat ini secara tertulis. Kami selaku penyelenggara Pemilu walaupun nanti sudah ditutup waktu pendaftarannya dan ternyata ada permintaan pemerintah untuk dibuka kembali maka kami akan ikut pemerintah," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman.

(kpl/far/gtr)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING