Soraya Haque Tak Pernah Intervensi Pergaulan Anak-Anaknya

Rabu, 05 Maret 2014 21:11 Penulis: Wulan Noviarina
Soraya Haque Tak Pernah Intervensi Pergaulan Anak-Anaknya @KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Memiliki anak yang beranjak dewasa terkadang membuat sebagian orang tua was-was dengan pergaulan mereka di luar lingkungan keluarga. Alhasil, banyak orang tua yang sangat ketat mengawasi pergaulan anak-anaknya di luar rumah.

Tidak jarang, pengawasan orang tua yang terlalu ketat ini membuat anak-anak memberontak. Hasilnya, sering terjadi perdebatan antara anak dan orang tua.

Melihat hal ini, Soraya Haque dan suaminya, Ekki Soekarno, punya cara dan pandangan tersendiri untuk mendidik tiga anaknya yang beranjak dewasa, yakni, Valeri AG Soekarno, Nadia AM Soekarno, dan Belmiro AH Soekarno.

Soraya Haque tak pernah inteversi pergaulan anaknya. @KapanLagi.comSoraya Haque tak pernah inteversi pergaulan anaknya. @KapanLagi.com


Sebagai orang tua, menurut Soraya tugas orang tua hanya mengawasi anak-anaknya yang beranjak dewasa sambil memberikan nilai dasar dalam pergaulan. "Orang tua sebetulnya hanya sebagai orang yang memantau tanpa memberikan intervensi kepada anak. Kita sebagai orang tua hanya memberikan dasarnya saja, pengembangan serahkan kepada anak," tutur Soraya saat berbincang dengan KapanLagi.com beberapa waktu lalu.

Ada nilai-nilai dasar pergaulan yang ditanamkan Soraya kepada tiga anaknya, "Jangan pernah berbuat kerusakan, jangan membedakan orang lain, dan punya kasih sayang," katanya.

Soraya dan Ekki Soekarno. @KapanLagi.comSoraya dan Ekki Soekarno. @KapanLagi.com


Banyak orang tua yang takut anaknya berbuat salah kemudian memperlakukan sang anak dengan overprotective. Namun, Soraya punya pandangan sendiri. Ia selalu membebaskan tiga anaknya untuk bergaul. Bebas dalam konsep Soraya adalah bebas yang bertanggung jawab.

"Buat saya, manusia akan melalui proses pembelajaran yang harus mereka pelajari sendiri. Berani bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan. Itu yang saya terapkan untuk anak-anak saya," terangnya.

(kpl/pur/phi)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING