Status HIV Charlie Sheen Sempat Heboh, Dwi Andhika: Gue Kesel

Selasa, 01 Desember 2015 14:15 Penulis: Natanael Sepaya
Status HIV Charlie Sheen Sempat Heboh, Dwi Andhika: Gue Kesel Dwi Andhika © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Belum lama ini dunia sempat dihebohkan dengan Charlie Sheen dan statusnya yang positif mengidap HIV. Meski begitu, Dwi Andhika justru melihat dari sudut pandang berbeda di mana masyarakat Indonesia lah yang sebenarnya patut heboh akan kondisinya sekarang ini.

"Kalo ngomongin HIV nggak perlu jauh-jauh ngomongin aktor luar negeri. Ternyata katanya, gue ngelihat survei, survei terbesar itu adalah, orang Indonesia itu salah satu negara yang paling banyak (mengidap HIV). Jadi, ya sangat disayangkan sekali kurang education, yang beredukasi aja kena, apalagi kita yang edukasinya minim masalah seks," ujar Dwi Andhika saat ditemui di Central Park, Jakarta Barat, Jum'at (20/11) lalu.

Di sisi lain, pola pikir kalau dunia entertainment itu sangat dekat dengan narkoba, seks bebas, dan hal-hal lain yang dapat memicu HIV/AIDS sudah tertanam pada sebagian orang. Melihat hal itu, Dwi Andhika justru menolak tegas dengan alasan kuat dan cara memandang yang patut kamu simak nih KLovers.

Bukan cuma soal status Charlie Sheen, Indonesia juga perlu edukasi lebih dan memahami kondisinya sendiri © KapanLagi.com/Agus ApriyantoBukan cuma soal status Charlie Sheen, Indonesia juga perlu edukasi lebih dan memahami kondisinya sendiri © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Sekarang jangan ngomongin artis, dari dulu tuh ngomongin narkoba itu artis, seks bebas artis, semuanya serba artis. Sementara, nggak cuma artis doang, tapi semua orang. Namanya free sex, mungkin orang bilang kekinian, kan. Kalo nggak kayak gitu kayaknya nggak seru. Intinya sih gini, gue nggak nyalahkan semua orang yang melakukan apa, itu hak asasi manusia. Intinya adalah pemerintah cuma kasih siraman rohani doang, atau lebih ngasih ke pendidikan. Karena gue kesel banget, kaya waktu Jupe (Julia Perez) bagi-bagi kondom aja itu diprotes keras. Sebenernya, itu ada unsur edukasinya, supaya HIV/AIDS bisa peduli kesehatan. Tapi kalo di sini kan ujung-ujungnya malah negatif, gue kesel," lanjut mantan aktor film ME VS HIGH HEELS itu.

Dengan minimnya edukasi serta sejumlah intrik yang malah mengurangi informasi akan penyakit mematikan ini, cukup wajar jika banyak orang yang belum tahu bagaimana bersikap untuk melawan atau berhadapan dengan orang yang mengidap penyakit ini secara langsung. Padahal, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) masih bisa hidup normal dengan resiko penularan yang minim jika kita tahu betul dengan penyakit ini.

"Jangan lah, karena HIV/AIDS itu tidak menular kalo nggak ada hubungan lainnya, kayak sex. It's ok, lo temenin, karena mereka butuh temen. Mereka juga butuh support juga kok," jelas Andhika singkat.

Bukan cuma artis saja, semua orang bisa mengidap HIV/AIDS tidak terkecuali © KapanLagi.comBukan cuma artis saja, semua orang bisa mengidap HIV/AIDS tidak terkecuali © KapanLagi.com

Saat ditanya apakah dirinya mau untuk menjalani tes HIV, Dwi Andhika sendiri tidak menolak untuk melakukannya. Selain karena membuat kita lebih tahu dengan kondisi kesehatan sendiri, hal ini akan membuat pasangan kita juga merasa lebih aman.

"Itu (tes) harus, kalo boleh lo jangan mau pacaran kalo orang itu belum tes HIV, harus tes HIV/AIDS dulu. Karena itu harus continue satu bulan sekali kalo nggak salah. Ya, minimal setahun sekali juga nggak apa-apa. Tapi intinya salah satu syarat pacaran itu kasih liat positif atau negatif," pungkasnya.

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING