SELEBRITI

Tanggapi Hasil Pemilu 2019, Tompi: Bangsa Indonesia Harus Belajar Berbesar Hati

Rabu, 22 Mei 2019 17:25 Penulis: Dhimas Nugraha

Tompi ©KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono

Kapanlagi.com - Hasil Pilpres sudah resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan kemenangan paslon 01 Jokowi - Ma'ruf Amin. Tompi sebagai salah satu artis yang juga mendukung Jokowi juga turut mengucapkan selamat kepada presiden terpilih.

Namun, Tompi sangat menyayangkan dengan adanya kejadian yang merusak demokrasi setelah pemilu berlangsung. Ia merasa bahwa Indonesia perlu berubah, Indonesia perlu belajar berbesar hati.

"Saya rasa kita harus belajar berbesar hati menghormati yang kalah dan menghargai yang menang, ini penting sekali. Tidak perlu mencemooh. Udah saatnya Indonesia lebih baik lagi, masalah indonesia lebih banyak," tutur Tompi saat ditemui di Melodia Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (21/5).

1. Merubah Cara Berkomunikasi

Selain harus banyak belajar berubah dan berbesar hati, Tompi juga mengatakan bahwa Indonesia juga perlu merubah cara berkomunikasi. Bagaimana cara memberikan kritik tanpa harus menjatuhkan dan tidak menimbulkan perpecahan.

"Boleh teriak dan kritik, kasih dengan usulan. Jangan berhenti ini benar dan tidak doang. Kalau tidak ada usul, diem aja. Pelajarin dulu, bikin diskusi dengan teman-teman tidak setuju dan keluar dengan usulan yang baik itu lebih dewasa," tukasnya.

2. Soal Kecurangan

Tompi juga menyoroti tentang adanya kecurangan yang terjadi saat pemilihan berlangsung. Menurutnya, Kecurangan yang terjadi bukan hanya ada di satu kubu. Tompi juga mengatakan kalau kecurangan tersebut tidak dilakukan oleh kedua capres, melainkan dari para simpatisan mereka.

"Kecurangan ada di kedua kubu yang dilakukan simpatisan. Bukan pak jokowi atau prabowo yang buat curang. Simpatisan yang heroik yang melakukan hal yang tidak sesuai. Perkara mana yang banyak, dua-duanya saya tidak tahu," ujar dokter sekaligus penyanyi tersebut.

(kpl/apt/DIM)


REKOMENDASI
TRENDING