SELEBRITI

Tangis Sedih Marshanda Curhat Soal Perceraian Hingga Lepas Hijab

Senin, 22 Juli 2019 21:20 Penulis: Sora Soraya

Marshanda © instagram.com/marshanda99

Kapanlagi.com - Marshanda baru saja menjadi bahan perbincangan gara-gara postingan videonya di YouTube. Lewat video bertajuk 'Divorce, Parenting, & Lessons Learned From Losing Custody of My Child', mantan istri Ben Kasyafani ini menyampaikan curhatan panjang dalam Bahasa Inggris tentang 3 masa terkelam dalam hidupnya.

Mulai dari perceraiannya dengan Ben Kasyafani yang berujung pada perebutan hak asuh anak, keputusan untuk melepaskan hijab, hingga pengakuannya tentang bipolar disorder. Secara terbuka, Marshanda menumpahkan seluruh isi hatinya lewat video berdurasi 29 menit 34 detik itu.

Berusaha untuk tetap terlihat tegar di depan kamera, apa daya Marshanda tak bisa menyembunyikan rasa sakit dalam hatinya. Ia pun menangis dan menjelaskan setiap masalah dengan mata berkaca-kaca.

1. Perceraian & Perebutan Hak Asuh Sienna

Masalah pertama yang ia sampaikan lewat video tersebut adalah perceraiannya dengan Ben Kasyafani di tahun 2014 silam. "Perceraian adalah masa terberat dalam hidupku. Saat itu aku tidak hanya berkonflik dengan mantan suamiku, tapi juga keluarga, bahkan media di Indonesia," ungkapnya.

Lewat pengakuannya itu, Marshanda mengaku jika perceraian dan hujatan publik tentang neraka dan menyebut dirinya gila bukan hal yang paling menyakitkan baginya. Ia mengaku jika kehilangan Sienna adalah masa sulit yang paling menyakitkan.

"Aku kehilangan kesempatan untuk bisa bersama anakku, setiap hari. Sienna, putri yang kurawat dan ku besarkan selama 1,5 tahun, putri yang hidup bersamaku selama 24 jam 7 hari. Hal yang paling menyakitkan adalah ketika dunia bilang 'Kamu tidak berhak membesarkan putrimu'," tuturnya berkaca-kaca.

2. Marshanda Lepas Hijab

Saat melepaskan hijabnya, Marshanda mengaku masih terikat kontrak dengan sebuah brand besar. Namun keputusannya sudah bulat, ia ingin mengembalikan semua uang dan membatalkan statusnya sebagai brand ambassador untuk brand tersebut.

"Orang-orang di Indonesia tentu melihatnya sebagai hal buruk yang sangat kontroversial. Orang-orang menghujatku di media sosial, mereka menghujaniku dengan berbagai komentar jahat, mereka bilang 'Kamu layak masuk neraka. Kamu panggil dirimu seorang motivational speaker, kamu bilang mau jadi role model, dan lihatlah kamu sekarang, kamu hanyalah kekecewaan besar'," kata Marshanda.

Gara-gara kabar ini, Ben tidak mengizinkan Marshanda untuk bertemu Sienna selama 3 bulan. Ini semua terjadi dalam waktu yang sama, di saat ia menjalani proses perceraian, publik menghujatnya karena sudah melepaskan hijab, hingga gangguan metal yang dideritanya, Bipolar Disorder.

3. Pengakuan Marshanda Soal Bipolar Disorder

Keputusan Marshanda untuk bercerai dan melepaskan hijab rupanya membuat keluarganya khawatir. Terutama sang ibu yang tahu jika Marshanda menderita penyakit mental. Hanya berselang 3 hari setelah Marshanda meninggalkan rumah, ibunya mengirim dokter dan suster ke apartemen tempatnya menginap.

Marshanda yang paham jika keputusannya ini diambil dengan sadar dan baik-baik saja pun kaget saat perawat membawa dirinya dengan paksa ke Rumah Sakit Jiwa. Setelah dirawat kurang lebih seminggu, Marshanda pun menghubungi pengacaranya.

Rupanya kondisi Marshanda ini tercium publik dan menjadi headline di berbagai media. "Keluargaku tentu saja panik, lalu ibu menghubungi media dan menggelar konferensi pers. Sambil menangis di depan kamera, dia bilang 'Anak saya sakit dan kami berusaha mengobatinya'. Dan itu sangat menyakitkan buatku," ungkapnya.

Saat itulah Marshanda memutuskan untuk go public dengan Bipolar Disorder yang dideritanya. "Aku divonis menderita Bipolar Disorder sejak tahun 2009. Tapi aku sudah berusaha, aku lulus sekolah, aku juga jadi sarjana. Aku merawat putriku 24 jam 7 hari dan mampu menjadi ibu rumah tangga, dan aku sangat pandai melakukannya. Bipolar disorder tidak mengambil alih diriku. Tapi orang-orang sudah terlanjur bingung, karena di saat yang sama, mereka melihat semua masalah yang terjadi," tuturnya.

4. Pesan Marshanda

Lebih lanjut, Marshanda juga sempat menyampaikan pesan untuk semua orang yang menonton videonya. Bahwa dalam hidup ini, setiap manusia diajarkan untuk bernapas sejak lahir, "Kamu mengambil napas dan menghembuskannya. Dan itulah yang hidup selalu ajarkan padamu. Terkadang kamu akan mendapatkan sesuatu, dan di lain waktu kamu harus merelakannya. Ini adalah sebuah pelajaran untuk ikhlas, bahwa setiap manusia tidak punya apapun di dunia ini."

Hingga saat ini, video curhat Marshanda sudah ditonton lebih dari 3600 ribu di YouTube dan 330 ribu kali di IGTV. Banyak yang ikut berduka dan memberikan support-nya untuk Marshanda. Tak sedikit pula orang yang berterima kasih karena keberaniannya untuk buka-bukaan tentang hal ini. Be strong Cha, you know we love you!

(kpl/sry)

Editor: Sora Soraya


REKOMENDASI
TRENDING