Veronica, Titip Anak Sebelum Meninggal

Selasa, 03 Januari 2006 07:15 Penulis: Anton
Kapanlagi.com - Perjuangan Veronica selama 9 hari melawan koma akhirnya berakhir pada hari Minggu awal tahun 2006 pada pukul 06.50 WIB. Almarhumah yang bernama asli Veronica Agustina binti Adrian Oscar Tiboleng ini meninggalkan ketiga anaknya, hasil perkawinan dengan Bang Haji Rhoma Irama pada tahun 1972, yakni: Debby, Vicky dan Romi.

Rhoma yang hadir pada pemakaman istri pertamanya, yang diceraikannya pada bulan Mei 1985 ini, didampingi istri keduanya, Rica Rachim. "Ya.. Bagaimanapun dia (Veronica, red) adalah ibu dari anak-anaknya Bang Rhoma", ungkap Rica dengan penuh kesedihan.

Rhoma Irama tak kuasa menitikkan air mata kesedihan, melihat wanita yang dulu dicintainya telah terbujur kaku dibalut kain kafan dan dia mencoba menenangkan ketiga anaknya yang diselimuti kesedihan, karena sang bunda dulu semasa hidupnya dengan penuh kasih dan dengan sabar membesarkan mereka, tanpa kasih dari sang bapak secara langsung.

"Ya.. Saya selalu mengajarkan pada mereka bahwa kehidupan itu fana, ada pertemuan ada perpisahan, ada kelahiran ada kematian. Kalau saat ini kalian berpisah dengan mama, ya.. suatu saat juga berpisah dengan papa", ujar sang raja dangdut itu.

Sang Kholik telah menjemput seorang wanita yang tegar dalam menjalani hidupnya, tanpa adanya sosok suami yang mendampingi untuk beberapa waktu lamanya, di sisinya.

"Saya sangat kehilangan sekali. Tapi, doa saya yang terakhir ini, saya mohon sama Allah kalau memang Allah mau kasih mama sembuh, saya akan terima mama apapun keadaannya dan saya akan rawat mama dengan baik. Itulah janji saya. Tapi jikalau Allah mau ambil, kami hanya bisa ikhlas dan hanya bisa berharap, semoga mama dijemput-Nya dengan baik", tutur Debby lirih.

Firasat akan meninggalkan dunia ini sepertinya telah di rasakan Almarhumah Veronica. Dia telah menitipkan putra putri tercintanya pada mantan suaminya, melalui SMS yang dikirimkan pada mantan suaminya itu.

"Ya, sebelumnya ada SMS titip anak-anak, gitu, seminggu sebelum dia jatuh", jelas Rhoma, sambil mengingat waktu itu.

Begitu sayang dan cintanya Veronica pada anak-anaknya, hingga sampai akhir hayatnyapun ia masih memikirkan mereka. Kepergiannyapun sangat menyisakan kesan yang mendalam bagi orang-orang yang ditinggalkannya. Iringan pelayatpun tak lepas dari doa sambil menghantarkan ke peraduannya yang terakhir di TPU Menteng Pulo, Kuningan, Jakarta Selatan. Selamat jalan Veronica, semoga arwahmu tenang di sisi-Nya.

(kl/wwn/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING