Yuki Kato Pilih Jadi Warga Negara Indonesia Ketimbang Jepang

Minggu, 22 April 2018 20:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Yuki Kato Pilih Jadi Warga Negara Indonesia Ketimbang Jepang Yuki Kasto / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Yuki Kato adalah satu dari sekian banyak aktris yang berdarah campuran. Ibunya, Twinawati adalah warga negara Indonesia, sedangkan ayahnya Takeshi Kato warga negara Jepang. Mengingat usianya kini sudah menginjak 23 tahun, Yuki pun akhirnya menentukan kewarganegaraannya.

Bintang film THIS IS CINTA itu memilih untuk ikut status sang ibunda. Means, Yuki resmi memegang kewarganegaraan Indonesia. Bukan sekedar asal pilih, Yuki sudah memikirkan hal ini secara matang. Ia juga telah mendiskusikan hal ini bersama kedua pihak keluarga.

"Aku pilih bahasa ibu. Indonesia, ikut ibu. Itu proses Pemikiran yang panjang banget ya. Aku harus Ngomong dulu sama keluarga di Indonesia, keluarga di Jepang. Dengan ibu dan papa juga, semua pokoknya. Setahun kali (mikirnya)," ujar Yuki saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4).

Yuki warga Indonesia! / Credit: KapanLagi - Agus ApriyantoYuki warga Indonesia! / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto

Yuki memang sudah fasih berbahasa Indonesia serta beberapa bahasa daerah lainnya. Namun agar adil, gadis berusia 23 tahun itu juga sempat menempuh pendidikan di Jepang, guna mempelajari bahasa dan budaya dari negara kelahiran ayahnya.

"Gua sempat ke Jepang untuk sekolah di sana dan di sana pengen biar bagaimana pun kan gue ada darah Jepang juga ya, jadi pengen gitu bisa Bahasa Jepang. Kalau Bahasa Indonesia kan sudah fasih, Bahasa Jawa, Sunda gua bisa. Bahasa Madura bisa dikit-dikit, tapi kok dari bapak nggak ada sama sekali, makanya ke Jepang sana waktu itu untuk belajar bahasa dan budaya. Dari sana tapi akhirnya gua berpikir maunya ke mana, dan sepertinya tetap Indonesia," sambungnya.

Bagaimana respon sang ayah mengenai keputusan Yuki ini? "Ayah nggak masalah ya, karena saat pensiun nanti papanya juga mau tinggal di Indonesia, sekarang belum bisa, dia masih kerja di sana. Kalau dia pindah kewarganegaraan nanti gajinya berkurang setengah, makanya belum bisa," pungkas Yuki.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING