in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Ajarkan Lagu Rhoma Irama, Andrew Dangdut Cowboys: Dangdut Sudah Bisa Menembus Amerika

Selasa, 19 Maret 2019 14:43 Penulis: Louvina Gita

Dangdut Cowboys (credit: Kapanlagicom/Agus Apriyanto)

Kapanlagi.com - Tak hanya di Indonesia, musik dangdut kini sudah sampai ke telinga penikmat musik dunia. Munculnya grup musik asal Amerika, Dangdut Cowboys adalah salah satu bukti jika dangdut sudah go international. Beranggotakan 6 personil, Dangdut Cowboys selalu bawakan lagu-lagu dangdut di setiap penampilan mereka.

Ditemui di Studio 5 Indosiar beberapa waktu lalu, Andrew sang vokalis menuturkan keyakinannya bila dangdut kini memang sudah merambah dunia musik internasional. "Sebetulnya sudah mendunia karena sudah mendunia karena dangdut sudah bisa menembus Amerika, lalu juga sudah ada grup dangdut di Jepang, dan lagu-lagu rekaman dangdut banyak orang di luar Indonesia yang suka," ujarnya.

 

 

 

1. Ajarkan Lagu Rhoma Irama

Tak hanya itu, penyanyi yang juga seorang dosen di Pittsburgh University ini mengaku jika ia menggunakan karya-karya milik Rhoma Irama sebagai bahan mengajarnya pada ratusan mahasiswa di kampus.

"Jadi karya pak Haji Rhoma Irama menjadi bahan pelajaran musik sedunia, jadi kuliah yang saya dan Megan ajarkan di universitas Pittsburgh University ada 300 mahasiswa, satu tahun ada 600 mahasiswa. Di universitas lain juga ada yang mengajarkan karya Pak Haji Rhoma Irama," ujar Andrew.

Sebagai warga negara Amerika, kemampuan Bahasa Indonesia Andrew bisa dikatakan sangat bagus. Ternyata, ia memang pernah tinggal di Indonesia yaitu di Bandung. Di sana lah ia kemudian mendengarkan lagu dangdut pertamanya milik sang Raja Dangdut. "Terajana, jadi pada tahun 1984 waktu saya tinggal di Bandung," katanya.

2. Harapan Pada Musik Dangdut

Sejak terbentuk di tahun 2007, kunjungan Dangdut Cowboys ke Indonesia ini jadi agenda tour pertama mereka. "Baru satu, ini di Indonesia. Yah, menurut saya ini adalah kesempatan yang luar biasa karena ada undangan dari pemerintah Amerika untuk merayakan 70 tahun hubungan resmi Negara Indonesia dan Amerika dan kami di sini merayakan itu di beberapa tempat, di Probolinggo, Medan, dan Jakarta dari tanggal 10 samapi 18 Maret," tutur Andrew.

Andrew dan Meghan juga menuturkan harapan mereka pada musik khas Indonesia ini. "kami sangat cinta dengan dangdut walau tidak terlalu banyak mengenal tapi kami bermain musiknya selalu menggunakan hati dan ini adalah impian kami yang sudah terjadi untuk bisa bermain music dangdut," ujar Meghan.

"Buat saya harapannya banyak orang yang mau mempelajari musik dangdut agar bisa mengenal Indonesia, intinya disitu," imbuh Andrew.

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING