in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Rhoma Irama Rupanya Sempat Dilanda Kekhawatiran dan Kegalauan Ketika Berkarir Di Dunia Musik

Jum'at, 11 Desember 2020 16:11 Penulis: Canda Dian Permana

Rhoma Irama (credit: instagram @rhoma_official)

Kapanlagi.com - Raja dangdut Rhoma Irama bersama Soneta, sudah 50 tahun berkiprah di dunia hiburan tanah air. Meski sudah setengah abad, Rhoma Irama mengungkapkan bahwa dirinya tak akan pernah lelah untuk terus berkarya bersama Soneta Group.

Saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat belum lama ini, Rhoma Irama mengatakan bahwa dirinya tak bernah berfikir untuk membubarkan Soneta. Meski begitu, diakui oleh penyanyi berusia 74 tahun ini bahwa dirinya memang sempat dilanda kekhawatiran ketika tetap berkarir sebagai seorang musisi karena musik sering diidentikan dengan hal negatif.

"Nggak pernah ada, apapun dinamika Soneta tidak pernah sekalipun terpikir untuk membubarkan Soneta. Saya pernah ketika bermain musik, film, merasa terganggu iman saya kepada Allah," ungkap Rhoma Irama.

"Karena saya mikir kenapa seniman itu harus meninggalkan sholat, kenapa harus drug, mabuk, saya berdoa 'ya Allah kalau bakat bermusik ini memperlebar jalan saya ke neraka, maka hentikanlah,' Itu keresahan saya," lanjutnya.

1. Siap Tinggalkan Dunia Musik

Oleh karena itu, Rhoma Irama mengaku sempat siap untuk meninggalkan dunia musik jika hanya membawa mudarat baginya. Akan tetapi hingga saat ini, kariernya di dunia musik justru sangat lancar dan dirinya bisa sekligus berdakwah melalui musik.

"Sempat saya berdoa 'kalau seandainya harus bergelimang berbagai macam kemaksiatan, dengan izin Allah saya cabut," ucapnya.

2. Berika Fee Untuk Istri

Selain itu, Rhoma Irama rupanya juga melakukan suatu hal yang tak terduga untuk keluarga para personel Soneta yang sudah meninggal. Setiap penampilannya, Rhoma selalu memberikan fee untuk istri, ataupun ahli waris para personil band Soneta.

"Salah satu cara, tetap memberikan fee di setiap penampilan Soneta. Jadi setiap aktivitas Soneta kalau ada dapat fee itu selalu saya bagikan ke orang-orang yang sudah meninggal, kepada janda-jandanya, atau jandanya udah meninggal saya bagikan ke ahli warisnya, itu salah satu caranya," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING