INDONESIA

Menanti 'Like This' di Syuting 'DILEMA'

Jum'at, 08 Juli 2011 14:53  | 

Winky Wiryawan


Menanti 'Like This' di Syuting 'DILEMA'
Robby Ertanto Soediskam Foto: Bambang

KapanLagi.com - Lelah dan jenuh dengan ritme pekerjaan yang membosankan? Cobalah merubah suasana kerja, atau bekerjalah dengan anak muda. Meskipun muda bukan berarti tidak berpengalaman, seringkali semangat mereka akan membuat kita bergairah kembali bekerja.

Inilah yang kiranya dirasakan kru film DILEMA saat syuting bagian film 'Garis Keras' di desa Limo, Cinere, Depok, Selasa (6/7). Dengan arahan sutradara muda berbakat, Robby Ertanto Soediskam, suasana syuting jadi meriah. Istilah-istilah yang sedang populer sering digunakan di lokasi syuting untuk mengganti istilah-istilah lama. Contohnya posisiong, like this, tetap semangat dan tak ketinggalan hits. Kata-kata tersebut adalah kata-kata yang sering muncul saat kita berceloteh di twitter. Dari sekian kata tersebut, kata like this menjadi favorit para kru. Karena kata tersebut, adalah tanda Robby sudah puas dengan hasil yang didapatkan dan bisa berganti ke adegan berikutnya.

Saat menunggu syuting berlangsung iseng-iseng KapanLagi.comâ„¢ keliling lokasi syuting menyambangi kru. "Ayo dong buruan like this," harap salah seorang kru. Kali ini memang adegan yang lumayan sulit. Adegan pertengkaran, Robby mengambil gambar sudah 10 kali lebih. Tapi belum juga selesai. "Coba sekali lagi ya," pinta Robby. Maka tim artistikpun buru-buru menata kembali ruangan, setelah itu masuk tim kamera, disusul artisnya. Dan ketika hari menjelang petang, kata-kata mujarab itu keluar, "Like This!". Bersoraklah seluruh kru, lantas kembali bekerja mempersiapkan adegan selanjutnya.

Banyak orang menyangka fresh graduate kurang pengalaman sehingga sering di nomer duakan. Namun, semangat mereka tidak bisa dipungkiri membawa harapan baru. "Yang saya seneng di syuting kali ini adalah, suasannya benar-benar menyenangkan. Sutradara muda ini membuat harapan baru muncul, bahwa ke depan akan ada sutradara berkualitas yang memnjaga perfilman kita," tutur Winky Wiryawan yang menjadi tokoh utama film tersebut.

Tertembusnya batas antar generasi, juga membuat suasana syuting lebih akrab. Bekerja sebagai teman, bukan senior-junior. Saling mengisi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam satu adegan, ada satu hal yang dikira mengganjal oleh Robby dan Winky. Karena dua-duanya sama-sama belum mendapat jawaban apakah solusinya, Robby mencari orang "jujur". Siapakan orang jujur? Saya sempat bertanya-tanya.

Rupanya yang dimaksud orang jujur adalah orang yang tidak tahu persoalan yang mereka diskusikan. Dan meminta pertimbangan dariya. Dan Robby menunjuk kru sekenanya. Kali ini penyedia minuman. Simpel dan tidak berbelit, begitu 'orang jujur' memberi jawaban, maka jawabannyalah yang dipakai. (kpl/uji/mae)