INTERNASIONAL

[Review] 'ARCHITECTURE 101', Melodrama Cinta Masa Lalu dan Kini

Kamis, 20 September 2012 15:10  | 

Han Ga In


[Review] 'ARCHITECTURE 101', Melodrama Cinta Masa Lalu dan Kini
Foto: Architecture 101




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Sineas Korea selalu mempunyai cara untuk menyentuh hati penonton lewat melodrama yang dibuatnya dengan takaran yang pas dan tak berlebih. Itulah yang dirasakan ketika menonton besutan kedua Lee Yong Joo I usai debut lewat LIVING DEATH di tahun 2009 silam.

ARCHITECTURE 101 berkisah tentang kisah cinta antara Seung Min dan Soe Yeon yang bisa dipastikan bakal membuatmu terlena. Di mana kisah tersebut dibuat dengan begitu elegan walau disajikan secara maju mundur antara masa lalu dan masa sekarang.

Film yang naskahnya ditulis sendiri oleh Yong Joo I ini sebenarnya hadirkan pemaparan epigon. Tak ada sesuatu baru yang ditawarkan. Namun karena Yong Joo I mampu meracik keklisean tersebut secara estetik, tak perlu diragukan lagi bila penonton mampu meresap masuk nikmati kegundahan hati karakternya.

Tokoh Seung Min diperankan oleh dua aktor yakni Eom Tae Woong dan Lee Je Hoon. Mereka diplot perankan sosok yang sama pada masa yang berbeda. Uniknya, ada kemiripan di wajah dua aktor ini sehingga transisi dari remaja ke dewasa terlihat begitu nyata.

Begitu juga dengan karakter Soe Yeon yang dibawakan oleh Han Ga In dan member Miss A, Suzy. Kecantikan keduanya sangat memanjakan mata meski akting Suzy terlihat sedikit kaku dibanding dengan Ga In.

Meski begitu, empat orang tersebut sukses pancarkan chemistry yang begitu nyata sehingga membuat penonton peduli dan ikut larut ingin tahu bagaimana nasib dua insan manusia ini. Berani jamin pemilihan ending yang down to earth bakal membuat siapapun tak sanggup menahan air mata begitu filmnya berakhir.

ARCHITECTURE 101 salah satu melodrama yang wajib di tonton dan begitu sayang untuk dilewatkan.

(kpl/abs)