INTERNASIONAL

[Review] 'PLANES', Persaingan Sengit di Udara

Senin, 09 September 2013 17:21  | 

Priyanka Chopra


[Review] 'PLANES', Persaingan Sengit di Udara
Foto: ©Walt Disney Pictures




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Mengakhiri musim panas tahun ini Walt Dinsey (tanpa Pixar) merilis film PLANES yang merupakan spin-off dari CARS. Berkisah tentang Dusty Crophopper, pesawat kecil penyemprot hama yang memiliki mimpi bertanding dalam kejuaraan balap udara paling menantang.

Namun ada dua masalah yang dimiliki Dusty. Selain tak terprogram untuk balapan, dia juga takut ketinggian. Bila sudah begini, bagaimana cara Dusty turut serta dalam perhelatan Wings Across The World dan mengalahkan saingan yang meremehkan kemampuan pesawat asal kota kecil seperti dirinya?

From zero to hero, itulah tema besar film arahan Klay Hall ini. Sayangnya, tak ada hal baru yang ditawarkan oleh PLANES. Sebagai sebuah spin-off, animasi yang naskahnya ditulis oleh Jeffrey M Howard itu seperti hanya mengganti karakter-karakter mobil dalam CARS menjadi pesawat.

Uniknya, karakterisasi pesawat-pesawat yang dihadirkan mewakili beberapa negara seperti India hingga Mexico, mampu memancing tawa. Duet Hall dan Jeffrey berhasil menghadirkan gap antar etnis tersebut menjadi guyonan yang segar.

Belum lagi aksen para bintang seperti Priyanka Chopra, Teri HatcherVal Kilmer sampai Dane Cook sebagai Dusty, berhasil membangun peforma mereka lewat suara dengan cukup baik.

Namun tampaknya, PLANES hanya dihadirkan untuk penonton muda. Mereka akan kegirangan melihat warna-warni dan atraksi sengit di udara yang ditawarkan selama perlombaan. Serta tak lupa mendapat asupan moral khas Disney yang bakal mudah diserap oleh seumuran mereka.

Sedang bagi penonton dewasa, mungkin kalian bakal merasakan sebuah ketidakinovatifan dari sebuah spin-off. Mengingat dwilogi CARS memiliki track record yang cukup mengecewakan. Namun tidak ada salahnya mencecap film ini tanpa ekspetasi apapun.

(kpl/abs)