INTERNASIONAL

[Review] 'RESIDENT EVIL: RETRIBUTION', Kisah Alice Yang Terus Berlanjut

Rabu, 12 September 2012 18:30  | 

Milla Jovovich


[Review] 'RESIDENT EVIL: RETRIBUTION', Kisah Alice Yang Terus Berlanjut
Foto: Screen Gems




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Sempat terpikir bahwa film ini akan berhenti menjadi sebuah trilogi. Namun nyatanya Paul W.S. Anderson keasyikan luncurkan sekuel hingga mencapai babak kelima.

Tak ada yang salah memang dengan hal tersebut. Pertama, karena ada penonton yang selalu mengantisipasi. Kedua, ditinjau dari perolehan worldwide yang cukup untungkan Screen Gems, tak ada alasan untuk tidak lanjutkan saga ini.

RETRIBUTION dibuka dengan terbangunnya Alice (Milla Jovovich) di pusat operasi Umbrella Corporation. Dalam tempat yang sama pula, bersama Ada Wong (Li Bingbing), dia berusaha mencari jalan keluar dengan menelusuri kompleks Umbrella yang sudah didesain sedemikian rupa hingga menyerupai Tokyo serta Moskow.

Dari segi cerita, Anderson yang juga bertindak sebagai penulis naskah, terlihat kehabisan amunisi. Cerita yang tersaji sangat dipaksakan. Hingga terkadang beberapa bagian terlalu lelah dan membosankan untuk disimak.

Untungnya, jika bersedia melupakan cerita yang sangat miskin ini dengan sajian action dan special effect mutakhir, juga peforma Jovovich yang luar biasa, penonton akan dibuat sangat terhibur. Terlebih dengan opening credit yang cukup memukau. Jika menonton versi IMAX 3D atau 3D saja, opening yang dihadirkan secara slow-mo ini akan begitu memikat.

Sayangnya beberapa komponen visual tak dikembangkan secara maksimal oleh Anderson. Terlihat ada beberapa part yang cukup kering. Padahal seharusnya bisa diperkuat oleh kecanggihan efek yang ada.

At last, film ini cukup menghibur jika mampu lupakan kesalahan dalam segi naskah yang terkesan dipanjang-panjangkan dan tak pernah beranjak. Well, sampai bertemu dalam kisah Alice sang pembasmi zombie selanjutnya.

(kpl/abs)