KOREA

Apa Yang Perlu Kamu Tahu Soal Sasaeng, Sampai Mengacak Rumah Idola

Rabu, 13 Maret 2019 16:15 Penulis: Editor KapanLagi.com

Teror Sasaeng

Kapanlagi.com - Industri hiburan negeri ginseng terkenal luar biasa. Idola baru yang muncul dengan cepat akan mendapat sorotan. Tak hanya media tetapi juga fans. Namun, nyatanya menjadi artis di sana tak selalu menyenangkan.

Selain persaingan ketat, idola Korea harus menghadapi Sasaeng. Apa itu Sasaeng? Sasaeng adalah julukan bagi sebagian fans Korea. Berbeda dengan fans pada umumnya yang mengagumi dan mendukung karir idolanya, Sasaeng justru bertindak di luar batas. Tak hanya fanatik, Sasaeng juga melakukan hal ekstrim yang cukup mengganggu bahkan membahayakan sang idola.

Istilah ini bermula dari Sasaenghwal yang artinya pribadi. Sasaeng sendiri memiliki makna yaitu mereka yang terobsesi untuk mencampuri kehidupan idolanya. Singkatnya, mereka adalah orang-orang yang terlalu fanatik sehingga ingin tahu segala hal yang dilakukan sang idola.

Lalu apa saja hal yang kerap kali dilakukan oleh Sasaeng? Pasalnya, bukan hanya EXO, Super Junior, dan Girls Generation tetapi banyak idola Korea lain yang juga menjumpai aksi gila dan banyak hal yang tidak masuk akal dari mereka. Simak terus sampai habis ya.

 

 

1. Ikut Kemanapun

Ketika melihat sang idola, umumnya fans akan mengikuti tapi sekedar untuk bersalaman atau foto bersama. Namun, Sasaeng akan terus ikut kemanapun idolanya pergi meskipun ke kamar mandi atau tidur hanya untuk merekam kegiatan atau mengambil foto tanpa henti. Bahkan seperti tak kehabisan uang. Saat sang artis melakukan perjalanan jauh, mereka juga membeli tiket yang sama lengkap beserta hotel.

2. Menyakiti Idola dan Diri

Tak heran, Sasaeng tanpa ragu membuat kekacauan. Demi menarik perhatian idola mereka akan melalukan apapun, walaupun itu justru menyakiti sang idola atau diri sendiri. Seperti mendorong atau menarik tangan idolanya agar menoleh dan menatapnya, mereka tak masalah meskipun ditatap dengan tatapan yang kesal. Bukan hal baru, Sasaeng melakukan aksi nekat akan bunuh diri atau melukai diri sendiri seperti menulis nama sang idola di tangan dengan pisau, demi mencuri perhatian idola tersebut.

3. Lupa Tempat Tinggal

Ingin menghabiskan waktu sepenuhnya dengan idola membuat mereka lupa rumah. Sasaeng rela untuk terus berada di dekat sang idola, membuntuti dari bangun hingga tidur. Ada yang menyewa tempat tinggal bahkan menunggu dan tidur di depan rumah sang idola. Tak sedikit dari Sasaeng yang bermasalah dalam pendidikan karena aksi tidak masuk akalnya ini. Bukan hanya merusak privasi idola tersebut, Sasaeng juga mengganggu kenyamanan penduduk sekitar idola itu tinggal karena menghalangi jalan atau menciptakan keributan.

4. Mengirim dan Menjual Benda

Sangat menyebalkan, Sasaeng tak segan mengirim benda yang melekat dengan dirinya kepada idola. Sasaeng menyebutnya sebagai bukti cinta, bukan layaknya fans biasa yang memberi kado mereka justru memberikan barang yang menjijikan bahkan menyeramkan. Seperti pembalut, celana dalam, hingga tulisan ungkapan cinta yang ditulis dengan darah mereka sendiri. Tak hanya itu Sasaeng juga menjual barang pribadi idolanya seperti pakaian dalam hingga rambut yang mereka curi.

5. Mengacak Rumah Idola

Menduplikat kunci dan mengambil barang sang idola bukan sesuatu yang asing bagi Sasaeng. Mereka memang nekat masuk tanpa izin ke dalam rumah idolanya, tak cukup itu mereka juga mengacak bahkan memasang CCTV disana. Bahkan ada Sasaeng yang terus bersembunyi di dalam kamar idola hingga idolanya pulang. Mereka tidak peduli meskipun sang idola benci atau marah.

6. Jual Diri

Tak bisa dipungkiri menjadi Sasaeng sangat menghabiskan biaya bahkan tenaga yang banyak. Terutama mereka yang tanpa henti membuntuti sang idola. Segala hal akan dilakukan, termasuk menjual diri. Bahkan ada juga Sasaeng yang menawarkan diri menjadi pemuas nafsu idolanya sebagai bukti cinta mereka. Benar-benar gila ya.

Mengagumi boleh tapi sewajarnya. Jangan berlebihan seperti Sasaeng ya. Apalagi melakukan aksi bodoh yang mengganggu atau menyakiti orang lain dan diri sendiri. Jadilah penggemar yang cerdas!

 

Penulis: Annesa K. Ramadhany

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING