[EXCLUSIVE INTERVIEW] SUPER JUNIOR D&E Bahas Apa yang Tak Berubah Selama 10 Tahun Duet - Kapan Saling Kangen

Jum'at, 05 November 2021 11:10
[EXCLUSIVE INTERVIEW] SUPER JUNIOR D&E Bahas Apa yang Tak Berubah Selama 10 Tahun Duet - Kapan Saling Kangen EXCLUSIVE INTERVIEW SUPER JUNIOR D&E

Kapanlagi.com - SUPER JUNIOR D&E baru saja melakukan comeback lewat full album pertama mereka bertajuk COUNTDOWN dengan title track ZERO. Sub unit SUPER JUNIOR ini juga sekaligus akan merayakan anniversary debut mereka yang ke-10 pada Desember mendatang lho.

KapanLagi Korea pun berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan DONGHAE dan EUNHYUK. Nggak cuma ngobrolin soal comeback mereka yang sudah dinantikan banget sama fans, duo sahabat tersebut juga membagikan berbagai momen yang mereka lewati bersama selama ini. Yuk intip wawancara lengkapnya!

Ide bikin parodi CF tuh kocak banget! Kok bisa kepikiran sih kalian?

EUNHYUK: Ini tahun ke-10 kami debut sebagai D&E, akan bagus jika kami memberikan konten yang berbeda dari sebelumnya untuk para penggemar. Akhirnya kami pun ngobrol dengan agensi. Dari banyaknya ide yang kami berikan, ide parodi CF buat promoin kayaknya bagus nih. Akhirnya kami pakai konsep ide tersebut. Kami mempersiapkan untuk menghibur.

D&E udah nyobain banyak konsep dan banyak genre, kalau yang sekarang apa yang ingin disampaikan ke fans lewat album baru?

DONGHAE:  Kami sudah mencoba banyak konsep. Ke depannya kami juga ingin mencoba banyak hal baru. Kami tidak bisa bertemu dengan E.L.F. karena pandemi. Pada akhirnya kami memilih ZERO sebagai judul lagu. Selain itu, karena adanya pandemi ini kami merasa tidak ada apa-apanya tanpa E.L.F. Kami tidak ada maknanya, ZERO atau nol tanpa E.L.F. Dan itulah alasan kami memilih judul ZERO.

DONGHAE sama EUNHYUK barengan terus, apa yang nggak berubah dari satu sama lain?

EUNHYUK: Yang tidak berubah dari DONGHAE adalah passionnya membuat lagu-lagu bagus. Meskipun melelahkan dalam membuat lagu, aku bisa melihat passion dalam raut wajahnya tidak pernah berubah.

DONGHAE: Yang tidak berubah dari EUNHYUK adalah skill berbicaranya.

EUNHYUK: Aah~ Bisa aja!

DONGHAE: Aku masih ingat betul kemampuan dia berbicara sejak SMP. Dia tiba-tiba menyentuh rambutku, lalu dia berkata “Apa yang kamu lakukan dengan rambutmu?” Bagaimana bisa dia punya topik pembicaraan.

EUNHYUK: Aku rasa itu hanya alasan ingin memegang rambutmu.

DONGHAE: Sepertinya begitu. Dia ahli berbicara.

SUPER JUNIOR D&E merilis full album pertama mereka berjudul COUNTDOWN. credit: SM EntertainmentSUPER JUNIOR D&E merilis full album pertama mereka berjudul COUNTDOWN. credit: SM Entertainment

Kenangan yang tidak pernah kalian lupakan sebagai D&E selama debut ini?

EUNHYUK: Kenangan yang paling aku ingat adalah saat melakukan tour bareng SUPER JUNIOR karena memiliki jadwal yang padat kami akan langsung kembali ke Korea dan kembali bekerja setelah melakukan konser. D&E kita masih bisa jalan-jalan dan mencoba makanan enak setelah konser selesai. Itulah kenangan yang paling diingat.

Buat DONGHAE, bagaimana rasanya kolaborasi dengan idol muda yang beda generasi dan jarak usianya jauh? TMI waktu pertama kali kolaborasi sama JENO dong?

DONGHAE: Aku pertama kali ketemu dengan JENO adalah saat dia masih menjadi trainee. Dia juga bercerita ingin menjadi penyanyi, menjadi musisi yang handal, dan berharap bisa tampil bersamaku. Saat membuat album ini, aku berpikir bagaimana jika aku berkolaborasi dengannya. Setelah tahu bakal ada penampilan solo aku ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Aku ingin memberikan music yang berbeda dari sebelumnya. Saat itulah aku teringat dengan obrolanku dengan JENO. Aku lalu mengajak bertemu dan kita makan bareng sambil membicarakan soal lagu ini dan memperdengarkan lagunya. JENO menerimanya dengan positif dan akhirnya jadilah lagu kolaborasiku dengannya.

Buat EUNHYUK, genre apa sih yang EUNHYUK suka, dan apakah genre tersebut sudah tertuang di digital single kamu kali ini?

EUNHYUK: Aku sebenarnya suka genre Hiphop atau Funky, sesuatu yang ceria. Tapi dalam lagu ini aku ingin menunjukkan sesuatu yang belum pernah aku tunjukkan atau tak terlihat sebelumnya. Dengan lagu bergenre Pop aku bisa menunjukkannya kepada para penggemar.

Apa yang sering dikatakan DONGHAE atau EUNHYUK, yang omongannya diulang-ulang sampai bosen dengernya?

EUNHYUK: Dibanding ucapannya, aku teringat dia punya kata yang harus selalu ditulisnya saat chat.
DONGHAE: Oh ya?
EUNHYUK: Man~
DONGHAE: Oh itu.
EUNHYUK: Dalam obrolan apapun itu. ‘Man~ udah makan?’, ‘Man~ Selamat tidur!’, ‘Aku lihat music video-mu. Keren, Man!’. Kenapa kamu hobi banget pake kata itu?
DONGHAE: Karena kita cowok, bukan emak-emak.
EUNHYUK: Saat itu dia sering banget kata ‘Man’.
DONGHAE: Kita adalah cowok.

DONGHAE: Aku nggak begitu ingat tapi ada satu hal, aku nggak tahu dia maksudnya becanda atau gimana.
EUNHYUK: Itu karena aku lapar.
DONGHAE: Dia tiba-tiba melakukan hal aneh di tengah-tengah bercerita. Seperti itulah.

SUPER JUNIOR D&E akan merayakan 10 tahun debut Desember mendatang. Credit: SM EntertainmentSUPER JUNIOR D&E akan merayakan 10 tahun debut Desember mendatang. Credit: SM Entertainment

Kebiasaan masing-masing apa yang biasa dilakukan sebelum rekaman?

DONGHAE: Kita udah datang nih buat rekaman. Ketemu dengan banyak orang. Tapi aku tidak langsung rekaman, malah mengajak para staff untuk makan sambil ngobrol. Kita menciptakan suasana agar mencair. Sambil membicarakan tentang albumnya supaya sukses bagaimana. Hal seperti itulah yang ingin aku lakukan sebelum melakukan rekaman. Itulah kenapa aku selalu mengajak mereka makan dulu sambil ngobrol.

EUNHYUK: Kalau aku sih kebalikannya. Sebelum rekaman aku sebisa mungkin nggak ngobrol, sebisa mungkin menghemat energiku. Sehingga aku bisa fokus dan maksimal saat rekaman. 

Di antara kalian berdua, siapa yang kalau udah tidur susah banget dibangunin?

EUNHYUK: Apakah akhir-akhir ini kamu gampang bangun? Kami sekarang tinggalnya pisah sih, jadi kurang tahu juga.
DONGHAE: Aku orang yang gampang bangun sih. Saat tinggal bareng di dorm meskipun aku lebih sering dibangunin tapi aku juga banyak bangunin. Sekarang karena tinggal sendiri mau nggak mau harus bangun sendiri. Karena tidak ada orang yang datang bangunin kita, kan?

EUNHYUK: Berarti kamu sekarang gampang bangunnya ya?
DONGHAE: Bener, aku gampang bangun.
EUNHYUK: Kita udah tumbuh dewasa sekarang.
DONGHAE: Aku biasa bangun jam 9 pagi. Atau kalau bangunnya pagi kadang juga jam 8 pagi.
EUNHYUK: Kamu bangun pagi ternyata.
EUNHYUK: Kita bangun pagi sekarang.

Kalian berdua kalau lagi nggak project bareng, sering kangen nggak?

EUNHYUK: Kangen…
DONGHAE: Aku pernah mengalami kangen satu kali.
EUNHYUK: Kapan tuh?
DONGHAE: Saat wajib militer.
DONGHAE: Setelah itu nggak pernah lagi deh.
EUNHYUK: Apa kamu nggak ngerasa kangen aku saat debut solo?
DONGHAE: Oh ya, benar. Itu juga sih. Saat aku debut solo kamu mengirim chat, kan? Aku merasa debut solo itu penting dan pengalaman bagiku. Tapi ke depannya aku ingin diberi kesempatan bisa tampil berdua. Kita punya banyak waktu buat tampil bersama, aku pun bilang padanya akan lebih menyenangkan kalau bisa tampil bareng.

Kamu bisa nonton wawancara lengkapnya di sini! Dukung SUPER JUNIOR D&E terus ya, KLovers!

Diterjemahkan oleh: Mita Anandayu

(kpl/mit/jje)


REKOMENDASI
TRENDING