KOREA

HyunA Dapat Kritikan Setelah Mengepang Rambutnya, Dianggap Bentuk Cultural Appropriation

Jum'at, 17 Januari 2020 09:50 Penulis: Rahmi Safitri

HyunA © DAZED

Kapanlagi.com - HyunA adalah salah satu bintang K-Pop yang dikenal bukan cuma karena keseksiannya tapi juga kebebasannya dalam mengekspresikan diri dan keberaniannya dalam mengubah anggapan kalau selebritis Korea tak bisa bebas memamerkan hubungan cinta. Namun HyunA baru saja mendapat banyak kritikan, bahkan namanya sempat jadi trending topic dunia di Twitter.

Ini semua berawal saat HyunA mengunggah video di Instagram memamerkan rambutnya yang baru saja dikepang (braid) di jalanan Thailand. Sayangnya banyak penggemar maupun non-fans menganggap kalau apa yang dilakukan HyunA ini tidak layak karena merupakan cultural appropriation yang dianggap sudah terjadi bertahun-tahun.

Buat yang belum tahu rambut kepang atau braid seperti yang ditunjukkan oleh HyunA ini disebut sebagai budaya dari wanita zaman dahulu dari kawasan Afrika Utara. Kepang kala itu menjadi simbol dari klan mana, usia, status sosial, status perkawinan hingga tren fashionable. Saat para wanita ini dibawa secara paksa ke Amerika untuk menjadi budak, mereka pun menganggap rambut kepang ini sebagai identitas di kala mereka diperlakukan tidak layak. Saat itu rambut kepang atau box braids juga cara para wanita Afrika - Amerika berkomunikasi.

Sampai sekarang, wanita Amerika berdarah Afrika menganggap model rambut box braid ini adalah budaya turun temurun dari nenek moyang yang punya banyak makna. Banyak di antara mereka yang tak terima kalau wanita kulit putih, yang dulunya menghina, kini malah mengepang rambutnya ala wanita Afrika, karena itu dianggap bentuk dari cultural appropriation dan tidak menghargai wanita kulit hitam.

1. Pro dan Kontra

Penggemar K-Pop yang (maaf) berkulit hitam banyak yang marah dengan apa yang dilakukan oleh HyunA. Komentar-komentar pedas juga banyak di akun Instagram Hyuna, yang membuat kekasih E'Dawn ini menghapus beberapa foto.

Tapi ada juga penggemar yang membela dan mengaktakan kalau kepang HyunA ini namanya Khao San braids bukan box braid. Walau begitu masih banyak yang tak setuju dengan apa yang dilakukan oleh HyunA.

2. HyunA Minta Pengertian

Setelah menghapus beberapa foto dan video dirinya dengan rambut ala braid, HyunA mengunggah video singkat. Intinya ia minta saling pengertian antara dirinya dan penggemar.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Hyun Ah (@hyunah_aa) on Jan 16, 2020 at 12:42pm PST

"Halo semuanya. Aku menuju pulau mimpi sekarang. Aku cinta dan menghargai semua penggemarku. Sesulit apapun, tolong jangan berpikir buruk soal ini. Ayo saling pengertian. Selamat malam."

Bagaimana komentar KLovers soal ini?


REKOMENDASI
TRENDING