Lay EXO, Buktikan Kesetiaan dan Dedikasi Lewat Prestasi

Jum'at, 07 Oktober 2016 21:15 Penulis: Rahmi Safitri
Lay EXO, Buktikan Kesetiaan dan Dedikasi Lewat Prestasi Lay EXO © SM Entertainment

Kapanlagi.com - Dia terlahir dengan nama Zhang Yixing tapi penggemar K-Pop saat ini lebih mengenalnya dengan panggilan Lay, member boyband Korea paling hits saat ini, EXO. Lay sekarang jadi satu-satunya member asal China yang bertahan setelah Kris, Luhan, dan Tao memutuskan keluar dari grup yang populer dengan single Growl dan Overdose itu.

Sedikit background tentang Yixing alias Lay ini ia lahir di Changsha, Provinsi Hunan, tanggal 7 Oktober 1991. Sejak kecil, Yixing sudah menunjukkan bakatnya sebagai seorang entertainer. Ia sempat menjadi aktris cilik di kota asalnya, sebelum akhirnya lolos audisi dan bergabung sebagai trainee di SM Entertainment tahun 2008 saat baru berusia 16.

Zhang Yixing kecil, ganteng dari dulu © istimewaZhang Yixing kecil, ganteng dari dulu © istimewa

Saat ini Lay bukan hanya dikenal sebagai salah satu main dancer utama EXO, tapi juga artis dengan banyak bakat. Dia juga pandai bernyanyi dan memainkan berbagai alat musik dari gitar, drum, sampai piano. Lay juga mahir dalam berakting. 

Debut akting pertama Lay dimulai di tahun 2015 saat ia jadi cameo di film yang dibintangi oleh Jackie Chan, EX-FILES 2 - THE BACK UP STRIKES BACK. Peruntungan Lay masih berlanjut di tahun yang sama karena ia berhasil menyabet peran utama di film OH MY GOD. Karirnya di film masih berlanjut di tahun berikutnya lewat film GO FIGHTING THE MOVIE: ROYAL TREASURE dan UNEXPECTED LOVE. Film terakhir dibintangi Lay bersama dengan rekan seagensinya Krystal fx.

Bukan hanya di film, Lay juga laris manis di pertelevisian China. Selain jadi anggota variety show Go Fighting, pria yang punya lesung pipi ini juga jadi cameo di drama To Be A Better Man sebelum akhirnya dapat peran utama di serial Old Nine Gates. Drama Old Nine Gates meraih kesuksesan besar hingga ditonton lebih dari 10 miliar kali secara online lewat video platform iQiYi.

Lay dalam Old Nine Gate © iQiYiLay dalam Old Nine Gate © iQiYi

Berbagai macam aktivitas Lay di China ini pun mendapat dukungan penuh dari SM Entertainment. Sampai-sampai salah satu agensi terbesar di Korea ini sengaja membuat semacam studio untuknya yang diberi nama Zhang Yixing Studio untuk mendukung segala aktivitas Lay di dunia entertainment China.

Tapi benarkah karir Lay selalu mulus?

Kalau melihat dari luarnya, ya Lay seakan punya segalanya. Tapi siapa sangka kesuksesannya di negeri asal pernah membuatnya mendapat kebencian dari sebagian fans EXO di Korea.

Seperti dijelaskan sebelumnya, tahun 2015 adalah masa di mana karir Lay di dunia akting begitu bersinar. Tahun itu juga penting bagi EXO karena mereka baru saja kehilangan member lagi (Luhan) dan bersiap memberikan bukti kalau mereka tetap superior lewat album yang dirilis Februari 2015, EXODUS.

Ketika EXO promosi album EXODUS dengan single utama Call Me Baby, Lay nyaris sama sekali tak ikut serta. Dia tak ikut saat EXO melakukan showcase dan hanya sekali dua kali ikut tampil di acara-acara musik. Sejak saat itu, banyak fans yang khawatir kalau Lay akan punya niat untuk meninggalkan EXO seperti yang dilakukan Kris dan Luhan.

Sesaat setelah promosi EXODUS usai, EXO memulai tur dunia kedua mereka yang diberi nama The Lost Planet 2: The EXO'luXION. Sayangnya konser baru dimulai, EXO kehilangan lagi satu member dari China, Tao yang awalnya sempat absen promosi album karena cedera kaki.

Di 2015, EXO sering konser tanpa Lay © SM EntertainmentDi 2015, EXO sering konser tanpa Lay © SM Entertainment

Setelah kepergian Tao dari grup, EXO juga harus rela membiarkan Lay sibuk syuting di negara asal. Lay pun tak ikut dalam berbagai kegiatan fansign bahkan absen di beberapa konser dunia EXO, termasuk tur Amerika Serikat, konser di Tokyo Dome yang berkapasitas lebih dari 50.000 tempat duduk, dan juga saat Suho dkk hadir di Indonesia.

Kemarahan fans Korea makin menjadi saat Lay yang tak pernah hadir di acara fansign Korea malah memutuskan untuk hadir di fan meeting Jepang. Bahkan dalam salah satu wawancara, ia menyatakan kalau kegiatan EXO di Jepang jauh lebih penting daripada di Korea. 

Sebagian fans EXO di Korea pun memutuskan memboikot Lay dan hanya akan mendukung 8 member tersisa. Mereka bahkan menyebut Lay sebagai the next traitor yang pada akhirnya akan pergi meninggalkan EXO untuk bersolo karir di negara asalnya. Postingan di forum yang menunjukkan kebencian kepada Lay pun bahkan mendapat banyak dukungan.

Banyak postingan dari fans EXO di forum yang ingin Lay pergi © NewsenBanyak postingan dari fans EXO di forum yang ingin Lay pergi © Newsen

Kekecewaan juga terjadi saat Lay punya studio sendiri, meskipun SM sudah menyatakan kalau studio itu sengaja mereka buat untuk sang artis. Tapi tetap mereka kecewa kenapa studio itu dinamakan untuk dengan nama asli Lay. Selain itu, semua orang yang bekerja di studio tersebut sama sekali tak ada hubungannya dengan SM.

Kebencian fans pun sempat memuncak to the point mereka ingin Lay untuk meninggalkan EXO saja daripada harus membebani member lainnya. Sebagian bahkan terang-terangan sempat menyebut EXO dengan 8XO, yang artinya mereka hanya akan mendukung 8 member tersisa tanpa memedulikan Lay.

Seakan mengerti akan kekecewaan fans, Lay pun akhirnya 'berubah'. Di tahun 2016 ia nyaris tak pernah absen dari jadwal EXO. Bahkan ia juga sempat merilis single berjudul Monodrama sebelum EXO comeback dan memecahkan rekor penjualan album dengan EX'ACT. 

Lay tak pernah absen saat EXO promosi Monster, Lucky One, dan Lotto © Star Daily NewsLay tak pernah absen saat EXO promosi Monster, Lucky One, dan Lotto © Star Daily News

Lay juga menunjukkan pesonanya lewat variety show saat EXO jadi bintang tamu, seperti lewat acara Infinity Challenge dan Star Show 360 Degree. Banyak yang beranggapan kalau Lay ternyata lucu dan namanya sempat jadi trending di beberapa situs Korea. 

Para member EXO pun juga tetap memberikan pujian dan dukungan kepada Lay, meskipun dia sering absen dan sempat membuat fans marah. Mereka seakan mengerti betapa beratnya Lay beraktivitas di China.

Di tahun baru Imlek lalu, Sehun menunjukkan perhatiannya kepada Lay lewat Instagram dan Weibo. "Terima kasih sudah cinta EXO di 2015, tolong lakukan lagi di 2016. Ayolah kita berbahagia di 2016. Lay, ayo kita datang ke acara award akhir tahun bersama."

Lay pun segera membalas pesan dari Sehun lewat Weibo. "Yo yo baby, selamat tahun baru. Aku kangen kamu, sampai jumpa di Korea." Interaksi keduanya di media sosial ini pun mampu membuat hati fans tersentuh dan seakan paham betapa hubungan antar member EXO tak pernah goyah.

Dukungan Chanyeol untuk Lay © exodez.tumblr.comDukungan Chanyeol untuk Lay © exodez.tumblr.com

Jelang persiapan promosi album EX'ACT dan lagu Monster, Chanyeol memberikan pesan untuk Lay. "Saat kau sibuk dengan aktivitas di China, pasti sangat berat rasanya melakukan persiapan comeback. (Walau begitu) kau tetap bekerja keras dan aku sangat berterima kasih. Hal yang paling membuatku tersentuh adalah kau mungkin sangat lelah dan sensitif, aku sudah bekerja keras tapi kau lebih jauh bekerja keras. Kau selalu menunjukkan sisi semangatmu tanpa protes. Promosi kita akan dimulai, mari bekerja keras bersama dan tunjukkan performa terbaik. Lay hyung, semangat!" kata Chanyeol, menunjukkan dukungan untuk Lay.

Perlahan kebencian kepada Lay mulai berkurang. Nyaris tak ada lagi postingan yang meminta Lay untuk meninggalkan EXO. Bahkan tak sedikit yang khawatir melihat Lay kesakitan tapi tetap memaksakan untuk tampil di atas panggung saat EXO promosi repackage album.

Lay segera bersolo karir. Ia merilis single di hari ultah © SM EntertainmentLay segera bersolo karir. Ia merilis single di hari ultah © SM Entertainment

Selain itu, di hari ulang tahunnya yang jatuh tanggal 7 Oktober, Lay malah memberi hadiah spesial untuk fans. Ia merilis single berjudul what U need dan bahkan segera menjadi member EXO pertama yang bersolo karir.

Selamat ulang tahun, Zhang Yixing! Semoga karir solo maupun aktivitas bersama EXO sukses selalu. Dan semoga hanya akan ada cinta dari penggemar setelah ini!

Selamat ulang tahun, Lay © EXO-L Japan UpdateSelamat ulang tahun, Lay © EXO-L Japan Update

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING