KOREA

Penuh Perjuangan, 7 Girlband ini Debut Lewat Ajang Survival Idol: TWICE - IZONE

Selasa, 04 Agustus 2020 20:20

IZONE © Instagram/official_izone - IOI © Instagram/ioi_official_ig

Kapanlagi.com - Menjadi idol merupakan salah satu profesi yang menjanjikan di Korea. Karena hal tersebutlah, banyak perempuan asal Negeri Ginseng itu memilih untuk menghabiskan masa mudanya menjadi seorang trainee di berbagai agensi baik besar maupun kecil. Tak cukup, beberapa dari mereka masih harus berjuang mengikuti acara survival idol yang dibuat oleh televisi atau agensinya sendiri.

Walaupun berat, kerja keras mereka akhirnya terbayarkan setelah dapat debut melalui acara survival idol yang ia ikuti. Tidak sedikit, inilah 7 girlband yang debut dari acara survival idol. Beberapa di antaranya merupakan girlband populer loh!

 

 

1. TWICE

TWICE terbentuk dari acara survival idol besutan JYP Entertainment, SIXTEEN. Dalam acara tersebut, CEO Park Jin Young sendirilah yang melakukan penilaian dan memilih member mana yang layak untuk debut. SIXTEEN sendiri ditayangkan di Mnet pada tahun 2015 dengan total 10 episode.

2. UNI.T

THE UNIT merupakan program acara survival idol yang melahirkan 1 boyband dan 1 girlband yakni UNB dan UNI.T. Menyajikan konsep baru, semua kontestan dari program ini merupakan member dari boy-grup atau girl-grup yang dianggap kurang sukses. Mereka lantas berkompetisi demi mendapatkan kesempatan lain untuk debut dan menjadi terkenal.

3. MOMOLAND

Tak banyak diketahui, MOMOLAND ternyata juga terbentuk dari ajang survival idol bertajuk FINDING MOMOLAND. Acara tersebut tayang pada 2016 lalu dengan durasi sepanjang 10 episode. Bagi yang penasaran acara ini ditayangkan oleh Mnet dari tanggal 22 Juli sampai 16 September 2016.

4. fromis_9

Kesuksesan PRODUCE series membuat Mnet ingin melahirkan grup baru dari ajang survival idol lainnya. Mengusung konsep yang berbeda, kali ini grup yang akan terbentuk tidak dibuat untuk sementara. Dikhususkan untuk para wanita, IDOL SCHOOL kemudian melahirkan girlband baru yakni fromis_9.

5. KARA

Menjadi salah satu ajang survival idol tertua, KARA PROJECT dibentuk untuk mencari anggota baru girlband KARA setelah kepergian Nicole dan Jiyoung. Acara yang dibentuk oleh DPS Entertainment dan MBC Plus Media ini diikuti oleh 7 trainee asal DSP media yang bersaing ketat untuk menjadi bagian dari grup tersebut. Pemenang dari kompetisi itu adalah Heo Young Ji, yang akhirnya menjadi member baru dari KARA.

6. IOI

Saat ini siapa sih penggemar K-Pop yang tak tahu dengan acara PRODUCE 101? Program survival idol besutan Mnet itu mengawali season pertamanya dengan membentuk sebuah girlband bernama IOI. Melalui seleksi selama 11 episode, 11 anggota IOI akhirnya terpilih menang setelah menyingkirkan 90 peserta lainnya. Sukses besar Mnet kemudian melanjutkan season berikutnya dengan membentuk boyband, kemudian lahir lah WANNAONE.

7. IZONE

PRODUCE 48 adalah season ke-3 dari acara PRODUCE series yang membentuk sebuah girlband beranggotakan member asal Korea dan Jepang, IZONE. Berbeda dengan dua season PRODUCE sebelumnya, kali ini Mnet bekerja sama dengan 48 Group dalam merekrut member girlband yang nantinya akan debut di Korea dan juga Jepang. Memiliki sistem baru, kali ini girlband yang terbentuk akan melakukan  promosi bersama dengan kontrak 2,5 tahun.

Menjadi idol merupakan cita-cita yang sulit untuk dicapai, tak ayal para member dari girlband di atas harus berjuang dalam acara survival idol demi mewujudkan mimpinya itu. Tak sia-sia, keringat yang mereka torehkan akhirnya tergantikan dengan popularitas yang saat ini mereka dapatkan.

Ditulis oleh: Ghariza Fathia


REKOMENDASI
TRENDING