Film 'HIJAB' Dituding Lecehkan Islam, Ini Penjelasan Zaskia Mecca

Kamis, 29 Januari 2015 01:08 Penulis: Guntur Merdekawan
Film 'HIJAB' Dituding Lecehkan Islam, Ini Penjelasan Zaskia Mecca Zaskia Adya Mecca / KapanLagi® - Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Pertengahan Januari lalu, Hanung Bramantyo beserta istrinya, Zaskia Adya Mecca memberikan sebuah warna baru dalam dunia perfilman tanah air lewat karya mereka, HIJAB. Dari namanya mungkin orang akan beranggapan jika film ini sarat agama, namun sebenarnya tudingan itu salah besar. Menurut Hanung, film ini lebih cenderung ke arah gaya hidup, kisah persahabatan, hingga keluarga yang semuanya dikemas dalam balutan komedi super gokil.

Tak lama setelah HIJAB ditayangkan secara serempak di seluruh bioskop Indonesia, berbagai reaksi berbeda pun masuk dari para pecinta film. Tak sedikit yang mengaku puas dan sangat terhibur dengan jalan ceritanya, namun ada juga yang memberikan kritik keras karena menganggap film ini melecehkan Islam dan sejenisnya.

Resah dan kesal dengan gunjingan negatif tersebut, segenap pemeran dan kru film HIJAB mengadakan sebuah preskon untuk mengklarifikasi kebenarannya. Zaskia yang juga menjadi salah satu tokoh utama membuka statement dengan to the point.

"Di luar ada keresahan masyarakat, film ini dianggap menjelekkan atau melecehkan Islam. Kita membuat sangat terbalik dari itu. Akhirnya kita memutuskan cross check bener nggak meresahkan, kita takut merasa benar sendiri. Karena itu kita ajak Pak Din Syamsudin (Ketua Majelis Ulama Indonesia) nonton dan minta masukan. Pak Din Alhamdulillah punya masukan baik. Menurut beliau (HIJAB) bagus dan bisa ditonton. Cuma beberapa hari ini banyak dapat pesan negatif tentang film ini. Kita berharap teman-teman menyampaikan berita ini bahwa kami tidak bermaksud menjelekkan pihak manapun," jelas wanita berusia 27 tahun itu.

Zaskia tak terima film 'HIJAB' disebut hina Islam / KapanLagi® - Agus ApriyantoZaskia tak terima film 'HIJAB' disebut hina Islam / KapanLagi® - Agus Apriyanto

Dalam sebuah karya film, reaksi positif dan negatif dari publik memang hal yang lumrah, hal itu juga diakui oleh Zaskia. Namun, beda ceritanya dengan tudingan miring yang sifatnya menyudutkan seperti anggapan melecehkan Islam.

"Film HIJAB banyak reaksi positif, kritik juga pastinya banyak. Selama kritik itu membangun kami sangat berterima kasih. Itu bentuk support yang sayang sama kita, jadi pelajaran di awal. Tapi semakin ke sini lebih ke judgement dibilang menjelekkan agama Islam, terus dibuat sama yang membenci Islam. Berita yang di luar justru menyudutkan," sambung ibu dua anak itu.

Kalian sudah nonton film-nya? Apakah menurut kalian film ini menjelekkan Agama Islam? Tulis komentarmu di bawah ya!

(kpl/hen/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING