FILM INDONESIA

Lewat 'PETUALANGAN MENANGKAP PETIR', Abimana Aryasatya Tak Ingin Anak Lupakan Film

Minggu, 26 Agustus 2018 08:15 Penulis: Sora Soraya

Abimana Aryasatya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Dikenal sebagai aktor, Abimana Aryasatya mencoba dunia di balik layar dengan menjadi seorang produser. Tak tanggung-tanggung, ia memproduseri film anak yang bukan rahasia lagi bila market-nya di Indonesia sangatlah terbatas.

Namun Abimana Aryasatya memiliki impian indah di balik pembuatan film anak yang diberi tajuk PETUALANGAN MENANGKAP PETIR ini. Ia ingin anak-anak di masa depan tidak lupa dengan budaya menonton film. Maka dari itu, dirinya memasukkan elemen konflik pembuatan sebuah film namun dari sudut pandang anak-anak.

"Gue tumbuh besar di film, gue takut kalau suatu saat film itu dilupakan, semua pindah ke media yang kita tahu sekarang media digital seperti YouTube atau apa itu. Gue mau tempat ini (bioskop), layar itu, suara itu, keasyikan nonton bersama, masih menjadi budaya sampai nanti puluhan tahun ke depan. Gue takut film dilupakan karena itu salah satu bukti budaya," kata Abimana saat ditemui di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (24/8).

1. Ajak Anak Nonton Bareng

Selama ini Abimana Aryasatya jarang membawa anak-anaknya menonton film Indonesia terlebih yang dibintangi olehnya. Karena filmnya rata-rata disajikan untuk konsumsi remaja dan dewasa. Melalui PETUALANGAN MENANGKAP PETIR akhirnya Abimana bisa mewujudkan keadaan tersebut.

"Saya punya anak, saya juga mau ajak anak saya ke bioskop. Kalau film-film kemarin yang ada saya nggak mungkin ajak anak nonton. Saya juga pengin anak saya kenal budaya dan kehidupan di Indonesia, nggak cuma nonton film Hollywood. Karena kita percaya film itu cerminan budaya. Makanya saya bikin film anak dasarnya memang untuk anak-anak pergi ke bioskop dan nonton bareng orangtua," imbuh pria kelahiran 24 Oktober 1982 ini.

2. Treatment Film Anak Berbeda

Menurut Abimana Aryasatya, beberapa film anak yang pernah rilis memiliki kesalahan konsep. Di mana sineasnya membuat film mengambil sudut pandang orang dewasa sehingga anak-anak kurang bisa terhubung. Hal itu yang coba dibalik oleh suami Inong Ayu ini lewat filmnya.

"Selama ini sering ada kesalahan pada film anak gimana orang dewasa menceritakan anak-anak dari sisi dia. Yang kita coba adalah gimana caranya melihat dunia anak-anak dari mata anak-anak, jadi bukan dari mata orang dewasa. Kalau dilihat dari mata orang dewasa semua sudah flat, kalau dari mata anak-anak semua lebih warna-warni, menyenangkan, ceria. Gimana menampilkan apa yang mereka lihat ke bioskop itulah tantangannya," tegas ayah dua anak ini.

3. Rilis 30 Agustus 2018

PETUALANGAN MENANGKAP PETIR adalah film anak yang disutradarai oleh Kuntz Agus. Mengambil setting di Boyolali, berkisah tentang Sterling seorang YouTuber cilik yang ingin membuat film. Sayang untuk mewujudkan mimpi tersebut tidak mudah karena mendapat tentangan dari ibunya.

Film yang rilis di bioskop mulai Kamis 30 Agustus 2018 tersebut dibintangi oleh pemain anak-anak seperti Bima Azriel, Fatih Unru, serta Zara Leola yang merupakan anak dari Enda Ungu. Turut dibintangi Abimana Aryasatya, Arie Kriting, Slamet Rahardjo, serta Putri Ayudya.

(kpl/abs/sry)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING