Sinopsis 'IMPERFECT', Kisah Rara Hadapi Rasa Insecure

Rabu, 25 November 2020 10:32 Penulis: Editor KapanLagi.com
Sinopsis 'IMPERFECT', Kisah Rara Hadapi Rasa Insecure Star Vision via IMDB

Kapanlagi.com - Isu body-shaming atau mengejek bentuk tubuh seseorang dan ramainya kampanye mencintai diri sendiri di media sosial menjadi inspirasi Ernest Prakasa dan Meira Anastasia diangkat menjadi sebuah film. Dibalut dengan komedi khas karya Ernest, film IMPERFECT diangkat dari buku ciptaan istrinya, Meira yang bejudul IMPERFECT: A JOURNEY TO SELF ACCEPTANCE. Versi filmnya kemudian diberi judul IMPERFECT: KARIR, CINTA, & TIMBANGAN.

Film ini menceritakan seorang wanita bernama Rara (Jessica Milla) yang tidak peduli dengan penampilan tubuhnya. Sedari kecil, Rara sudah terbiasa diejek. Mempunyai ibu bernama Debby (Karina Suwandi) seorang mantan peragawati yang penampilannya dipuja-puja, dan adiknya Lulu (Yasmin Napper) yang cantik, tinggi, putih, dan kurus layaknya standar wanita saat ini membuat Rara yang gemuk dan berkulit sawo matang terbiasa dibanding-bandingkan dengan keluarganya.

Namun ketidakpeduliannya hilang ketika bos Rara (Dion Wiyoko) menawarkan posisi yang lebih tinggi di kantornya.

1. Sebuah Dilemma

Bos Rara menawarkan posisi yang lebih tinggi kepada Rara dengan sebuah syarat. Dirinya meminta Rara untuk mengubah penampilannya agar sesuai dengan profil perusahaannya yang bergerak di bidang kosmetik. Kesempatan sekali seumur hidup, Rara yang sebelumnya tidak peduli dengan penampilannya kini mulai diet dan perawatan demi mencapai penampilan bak model.

Rara (Jessica Milla) dan Dika (Reza Rahadian) dalam film IMPERFECTRara (Jessica Milla) dan Dika (Reza Rahadian) dalam film IMPERFECT

Hal itu didukung oleh teman-teman disekitarnya, serta sang pacar Dika (Reza Rahadian) yang terpikat kepada Rara karena sikap baik dan tulusnya. Berbagai cara Rara tempuh untuk mendapatkan penampilan yang mencapai standar wanita saat ini. Teman-teman dan pacarnya pun ikut membantu Rara mencapai tujuan tersebut.

2. Pentingnya Self-Love

Ketika Rara sudah menjadi wanita cantik seperti yang ia impikan, dirinya menjadi sombong. Rara yang dikenal Dika sebagai wanita baik dan tulus hilang. Rara yang dulu menjadi bahan ejekan kini menjelma menjadi pengejek penampilan. Perlahan teman-teman Rara menghilang dari kehidupannya. Sadar akan hal ini, Rara intropeksi diri dan memperbaiki kesalahannya.

Film kesekian kalinya dari Ernest Prakasa ini berhasil mengubah isu sensitif menjadi film yang ringan namun bermakna. Diselingi komedi yang mudah dipahami, film ini berhasil mengajarkan penontonnya untuk selalu bersyukur terhadap penampilan yang diberikan Tuhan.

Ditayangkan pada 19 Desember 2019 di bioskop, kini IMPERFECT dapat dinikmati kembali melalui platform Netflix.

Penulis: Iqbal Laduni

 

 

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING