FILM INTERNASIONAL

10 Rekomendasi Film Biografi Barat Populer, Dapat Banyak Perhatian dan Penghargaan

Senin, 12 September 2022 12:11 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film Biografi Barat Populer (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film biografi, atau biopic adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Bagi kalian yang suka dengan film biografi, maka rekomendasi film biografi populer ini bisa masuk dalam daftar.

Film-film biografi ini menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Sehingga, kalian seperti bisa mengulang kembali masa-masa para tokoh ini bisa sukses dan populer dalam berbagai bidang.

Nah, bagi KLovers yang sedang menari rekomendasi film biografi. Maka berikut ini daftar rekomendasi film biografi barat populer yang mendapatkan banyak perhatian serta penghargaan.

1. AMADEUS (1984)

Rekomendasi film biografi populer yang pertama yaitu, ada film berjudul AMADEUS. Film ini mengambil kisah awal abad ke-19, seorang laki-laki tua bernama Antonio Salieri yang dibawa ke rumah sakit jiwa karena mencoba bunuh diri. Di sana, Salieri dikunjungi oleh seorang pendeta dan mengakui bahwa dia telah membunuh Mozart.

Salieri pada awalnya adalah seorang komposer istana milik Kaisar Joseph II dari Austria. Dia seorang yang saleh dan percaya bahwa kesuksesannya adalah imbalan dari kesalehannya. Namun, Mozart yang jenius kemudian muncul dan ditugaskan menulis opera oleh Kaisar Joseph.

Padahal menurut Salieri, Mozart adalah orang yang vulgar, arogan, dan kekanak-kanakan. Salieri iri dengan kemampuan Mozart dan berusaha membuat Mozart hancur dan gila. Pada akhirnya, kegilaan membuat kesehatan Mozart menurun dan menjadi penyebab kematiannya.

2. MALCOLM X (1992)

Kemudian film biopic biografi selanjutnya ada film MALCOLM X yang merupakan salah satu tokoh muslim kebangsaan Afrika-Amerika. Dalam film MALCOLM X ini, sosok Malcolm menyampaikan pesan positif tentang Islam dan rasisme lewat perjalanan hidup Malcolm.

Perpindahan keyakinannya menjadi Islam bukan semata-mata karena pengaruh Baines atau Elijah melainkan kepercayaannya terhadap ajaran yang bisa memberikan kebaikan. Dan menjadi tokoh muslim yang begitu berpengaruh di Amerika.

Kisah hidup Malcolm yang terjerumus dalam kehidupan gelap, hingga masuk ke dalam salah satu organisasi Islam yang radikal. Dan berhijrah ke Mekkah hingga menemukan keindahan dalam ajaran Islam, akan menginspirasi kita saat menontonnya.

3. BRAVEHEART (1995)

BRAVEHEART juga masuk ke dalam salah satu daftar rekomendasi film biografi populer selanjutnya. Film ini adalah film perang kerajaan terbaik sepanjang masa yang wajib kalian tonton loh KLovers. Disutradarai oleh Mel Gibson, film ini tayang pada 25 mei 1995 dengan genre biografi, drama, dan sejarah.

Film yang diaktori Sophie Marceau, Mel Gibson, Patrick McGoohan ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia melawan kerajaan Inggris yang kejam di abad ke-13. Film perang BRAVEHEART sangat seru untuk ditonton karena fokus pada kisah pahlawan Skotlandia bernama William Wallace yang diperankan oleh Mel Gibson.

4. A BEAUTIFUL MIND (2001)

Rekomendasi film biografi populer lainnya ada film berjudul A BEAUTIFUL MIND yang tayang pada tahun 2001 silam. Film ini merupakan film biografi dari John Nash yang melihat bagaimana orang-orang jenius juga sebenarnya harus berhadapan dengan berbagai masalah, seperti mental dan kejiwaan.

Film ini dimulai dengan cerita Nash saat dia menemukan teori matematika yang sangat menarik. Dia juga bekerja di Kementerian Pertahanan AS untuk menghentikan serangan dari Uni Soviet. Karena keterlibatannya dengan berbagai macam proyek untuk menghentikan Uni Soviet.

Hingga mengubah Nash menjadi pribadi yang sangat paranoid dan obsesif. Dalam film ini kita akan diperlihatkan banyak adegan yang dapat memutar otak hingga cerita psikologi. Tidak heran bila film A BEAUTIFUL MIND masuk ke dalam salah satu rekomendasi film biografi populer yang wajib kalian tonton.

5. ALI (2001)

Rekomendasi film biografi populer lainnya berjudul ALI. Film ALI merupakan biografi dari petinju dunia, Mohammad Ali yang merupakan seorang pemeluk agama Islam. Kisah hidup Mohammad Ali diceritakan dengan sangat apik dan menarik dalam film ini.

Tak saja ceritanya yang menarik, daya tarik film ALI juga terletak pada karakter utamanya yang diperankan Will Smith. Will Smith menampilkan performa luar biasa di filmnya kali ini.

Untuk memaksimalkan perannya, Will Smith dikabarkan sampai belajar tentang agama Islam. Karena totalitasnya, film ini berhasil mengantarkan Will Smith ke dalam jajaran nominasi Oscar pada masa itu. Dan masuk dalam rekomendasi film biografi populer.

6. LINCOLN (2012)

Drama biografi karya Stephen Spielberg berkisah tentang masa-masa terakhir salah satu presiden terbesar Amerika bernama Abraham Lincoln. Lincoln dan orang-orangnya bekerja untuk mengakhiri perang sipil dan menghapuskan perbudakan selamanya di Amerika Serikat.

Tekad dan pilihan-pilihan Lincoln akan mengubah nasib dan masa depan generasi Amerika. Tidak heran bila film LINCOLN ini masuk ke dalam daftar rekomendasi film biografi populer dan mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi.

7. HACKSAW RIDGE (2016)

Kemudian ada HACKSAW RIDGE, yang merupakan rekomendasi film biografi populer seorang prajurit perang Amerika Serikat bernama Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Gefield. Tayang pada 4 November 2016, film yang disutradarai Mel Gibsen ini bercerita tentang sang prajurit Doss.

Ia adalah penganut agama Kristen yang sangat taat dan terjun ke medan pertempuran Perang Dunia II yang sangat kejam. Doss sangat enggan untuk membunuh, memegang senjata, atau melukai seseorang meskipun lawannya sekalipun, sampai akhirnya pasukan mereka terdesak dan harus melawannya.

Film ini akan memberikan kalian gambaran bagaimana perjuangan Doss dalam perang saat itu, dan kalian bisa melihat bagaimana gambaran orang-orang kala perang saat itu. Film HACKSAW RIDGE ini menjadi salah satu rekomendasi film biografi populer yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

8. THE IRISHMAN (2019)

Selanjutnya ada film THE IRISHMAN yang juga menjadi salah satu rekomendasi film biografi populer lainnya. Film THE IRISHMAN ini diadaptasi dari buku berjudul I Heard You Paint Houses, karya Charles Brandt.

Film ini mengisahkan kisah nyata kehidupan Frank Sheeran, seorang pembunuh bayaran di New York City pada 1970-an. Di sisi lain, film ini juga bercerita tentang kejahatan terorganisir di Amerika setelah Perang,.

Di mana terdapat salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan dalam sejarah, yakni hilangnya bos serikat pekerja legendaris Jimmy Hoffa. Tidak heran bila film THE IRISHMAN ini masuk ke dalam salah satu rekomendasi film biografi populer yang sayang untuk kalian lewatkan.

9. HAMILTON (2020)

Suka dengan drama musikal? Maka film HAMILTON bisa jadi pilihannya. Film ini adalah sebuah film musikal Amerika Serikat tahun 2020 yang terdiri dari rekaman panggung dari musikal Broadway tahun 2015, yang terinspirasi dari biografi tahun 2004 Alexander Hamilton karya Ron Chernow.

Bagi kalian yang gemar menonton pertunjukan broadway, pastinya sudah sangat familiar dengan film HAMILTON. Dirilis pada tahun 2020, film yang menjadi salah satu drama musikal terbaik ini mendapat respon yang luar biasa karena ceritanya begitu inspiratif.

Film HAMILTON dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama adalah saat Alexander HAMILTON, seorang imigran yatim piatu dari Karibia, tiba di New York pada tahun 1776 untuk mengadu nasib. Babak kedua, penonton akan disajikan kehidupan HAMILTON saat menjadi Menteri Keuangan pertama di Amerika Serikat.

Perpaduan antara politik, romantis, dan aksi membuat film ini digandrungi lintas generasi. Tidak heran bila film HAMILTON ini menjadi salah satu rekomendasi film biografi populer yang menjadi favorit dan sangat sayang banget untuk kalian lewatkan.

10. ELVIS (2022)

Dan rekomendasi film biografi populer yang terakhir ada film berjudul ELVIS tahun 2022. Film ini mengisahkan kisah hidup King of Rock and Roll yang diceritakan dari sudut pandang Colonel Tom Parker, manajer yang mengorbitkan Elvis Presley.

Cerita berawal dari kehidupan masa kecil Elvis Presley di Tupelo, Missisipi pada 1940-an. Ia dibesarkan di wilayah yang didominasi masyarakat kulit hitam. Hal itu membuat Elvis banyak terpengaruh musik-musik kulit hitam, seperti blues dan gospel.

Elvis kecil juga menemukan kecintaannya dengan musik saat mendengar nyanyian gospel di gereja dekat rumahnya. Elvis bersiap menapaki karier musik saat tampil perdana di salah satu pertunjukan kecil di Memphis, Tennessee.

Sang legenda musik itu sering mendapat protes dari warga Amerika kulit putih karena penampilannya yang merepresentasikan musik kulit hitam. Pada masa itu, rasisme masih mengakar kuat sehingga orang kulit putih dilarang menyerupai kulit hitam.

Permasalahan itu memantik konflik antara Elvis Presley dan Colonel Tom Parker. Dan menjadi salah satu rekomendasi film biografi populer tahun 2022 yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

Itulah beberapa daftar rekomendasi film biografi barat populer yang mendapatkan banyak perhatian serta penghargaan. Dan bisa jadi inspirasi bagi para penontonnya.

REKOMENDASI
TRENDING