'FIFTY SHADES' Rajai Box Office di Seluruh Dunia

Selasa, 17 Februari 2015 17:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
'FIFTY SHADES' Rajai Box Office di Seluruh Dunia FIFTY SHADES OF GREY/©Universal Pictures
Kapanlagi.com - FIFTY SHADES OF GREY memang telah merajai box-office hampir di seluruh dunia. Film besutan sutradara wanita Sam Taylor-Johnson ini meraih pendapatan terbesar sepanjang sejarah dengan US$ 158 juta atau setara dengan 191 miliar Rupiah dari 58 pasar. Di Amerika Utara, FIFTY SHADES mencetak rekor pendapatan kotor sebesar US$ 90.7 juta atau setara 117 miliar Rupiah sepanjang weekend lalu yang bertepatan dengan Valentine's Day and Presidents Day. Secara global film ini menghasilkan US$ 248.7 juta atau setara dengan 323 miliar Rupiah. Fantastis.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, film yang diangkat dari novel erotis romantis karya E.L. James ini juga memecahkan beberapa rekor pembukaan terbesar sepanjang sejarah dalam 11 pasar termasuk, Argentina, Italia, Republik Ceko, Hungaria, Polandia, dan Ukraina. Di 31 pasar lainnya, FIFTY SHADES menduduki peringkat atas film yang memiliki rating 17+, termasuk negara-negara konservatif sepeti Filipina dan Mexico. Film produksi Universal ini menduduki posisi puncak di 30 pasar dan menjadi yang terbesar sepanjang bulan ini.

Sam Taylor-Johnson, Jamie Dornan, Dakota Johnson dan E.L. James dalam gala premier FIFTY SHADES/©ibnlive.in.comSam Taylor-Johnson, Jamie Dornan, Dakota Johnson dan E.L. James dalam gala premier FIFTY SHADES/©ibnlive.in.com

Novelnya sendiri telah diterjemahkan ke dalam 52 bahasa dan terjual lebih dari 100 juta eksemplar di seluruh dunia. Namun di negara-negara seperti Jepang, novelnya tak mendapat sambutan hangat, begitu juga dengan filmnya.

“Keuniversalan fil ini sangat amazing. Hasilnya sangat spektakuler di tempat-tempat di mana bukunya menjadi best seller,” ujar Duncan Clark Universal International President. Film yang dibintangi Jamie Dornan dan Dakota Johnson ini dibuka di lima teritori, termasuk Korea Selatan dan Saudi Arabia. Sayangnya, film ini dilarang keras untuk diputar di Malaysia dan Indonesia, begitu pula di beberapa negara Timur Tengah.

Berikut adalah hasil pencapaian FIFTY SHADES di seluruh dunia:

EROPA

Inggris dan Irlandia, US$ 21.5 juta atau setara 27 miliar Rupiah. Menjadi film ber-rating 17+ yang memperoleh pendapat terbesar selama pembukaan di akhir minggu lalu. FIFTY SHADES juga menempati posisi ke-9 untuk debut terbesar.

Jerman, US$15.2 juta atau setara 197 miliar Rupiah. Menempati peringkat kedua untuk pembukaan terbesar bagi film produksi Universal.

Prancis, US$ 12 juta atau setara 156 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar Universal.

Rusia, US$10.5 juta atau setara 136.5 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+ dan menjadi pembukaan terbesar Universal.

Italia, US$ 9.1 juta atau setara 118 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+ dan menjadi pembukaan terbesar Universal.

Spanyol, US$ 7.9 juta atau setara 102.7 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+

AMERIKA LATIN

Brazil, US$ 8.9 juta atau setara 115 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+ dan menjadi pembukaan terbesar Universal.

Mexico, US$ 8.1 juta atau setara 105 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating C.

Argentina, US$ 3.8 juta atau setara 49 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar sepanjang weekend.

 ASIA PASIFIK

Australia, US$ 8.6 juta atau setara 111 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+ dan menjadi pembukaan terbesar Universal yang dirilis di luar musim liburan.

Filipina, US$ 2.2 atau setara 28 miliar Rupiah. Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+ dan Menjadi pembukaan terbesar bagi film asing.

New Zealand, US$ 1.1 juta atau 14 miliar Rupiah Menjadi pembukaan terbesar bagi film ber-rating 17+.

(the/tch)


REKOMENDASI
TRENDING