FILM INTERNASIONAL

Mengenal Aquanus, Jagoan Penguasa Lautan di Jagat Sinema Bumilangit

Senin, 19 Agustus 2019 15:59 Penulis: Dhimas Nugraha

Aquanus ©Bumilangit.com

Kapanlagi.com - Jagat Sinema Bumilangit sebentar lagi akan segera dimulai. Nah, salah satu jagoan yang mencuri perhatian dalam JSB ini, adalah Aquanus. Superhero penguasa lautan ini akan diperankan oleh aktor tampan Nicholas Saputra.

Karakter Aquanus sendiri, awalnya diperkenalkan lewat sebuah komik. Aquanus diciptakan oleh Widodo Noor Slamet pada tahun 1968, dan muncul pada komik dengan judul Aquanus di Planet Vibhy.

Nama Aquanus terdiri dari dua suku kata, Aqua yang berarti air, dan Nus yang diambil dari namanya sendiri, Dhanus. Nah, biar gak penasaran, yuk kita kenalan dulu dengan Aquanus.

1. Tokoh Aquanus

Aquanus bukanlah penduduk asli Bumi, ia berasal dari sebuah planet bernama Zyba, dan anak angkat Raja Sving, pemimpin planet Zyba. Ketika bangsa Burbur menyerang Zyba, Aquanus yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa.

Roket tersebut akhirnya jatuh ke lautan di planet Bumi. Roket tersebut ditemukan oleh keluarga pemburu paus, dan merawat anak yang bernama Dhanus tersebut.

Bangsa Zyba sendiri mampu hidup di dua alam, air dan daratan. Tak ayal jika Dhanus yang saat itu terdampar di Bumi bisa langsung cepat beradaptasi. Bahkan, sejak masih kecil Dhanus sering menyelam ke dalam lautan.

2. Kekuatan Aquanus

Aquanus remaja menyelam ke dasar lautan untuk bermain. Dalam perjalanannya, ia bertemu seseorang yang mengaku bangsa Zyba yang sedang diserang oleh Gurita Raksasa. Namun, sayang orang itu tewas ditembak oleh penyelam.

Sebelum tewas, orang tersebut memberikan sebuah sabuk sinar pelangi kepada Dhanus, yang nantinya sabuk ini menjadi senjata andalan Aquanus.

Tak hanya sabut pelangi, Aquanus juga memiliki kekuatan murni yang ada dalam dirinya. Ia bisa bernafas di dalam air layaknya di darat. Tak hanya itu, ia adalah perenang ulung yang mampu berenang sangat cepat, melebihi makhluk lain.

3. Kostum Aquanus

Setiap jagoan, pasti memiliki kostum kebanggaan yang selalu mereka pakai ketika bertarung melawan kejahatan, begitu juga dengan Aquanus. Awal kemunculannya, kostum Aquanus digambarkan berwarna aqua, atau biru sedikit kehijauan yang mirip dengan warna lautan.

Selain itu, kostum Aquanus juga memiliki tanduk di bagian kepala yang berfungsi untuk memecah gelombang ketika berenang layaknya sirip pada ikan. Bagian luar, ia memakai cawat berwarna perak, dan sabuk andalannya, yang juga berwarna perak.

Sekian tahun berlalu, kostum Aquanus akhirnya punya kostum baru. Tahun 2008, pada komik Aquanus: Benua ke tujuh, ia akhirnya merubah tampilannya jadi lebih garang. Digambar oleh Arief Hargono, Aquanus tampil dengan kostum berwarna biru gelap, yang dipadu dengan motif emas. Tak hanya itu, logo A di dadanya pun juga lebih sangar.

4. Tergabung dalam Patriot

Aquanus muncul pada era Patriot, yang mana era para jagoan, seperti Godam, Maza, Tira, dan Gundala berada. Jagoan-jagoan ini adalah rekan dari Aquanus dalam membasmi kejahatan.

Mereka pun akhirnya berkumpul menjadi satu, dan membentuk sebuah aliansi yang dinamakan Patriot. Patriot pertama kali dikenalkan pada tahun 1996 dengan komik berjudul Patriot Eksperimen X.

5. Diangkat ke Layar Lebar

Aquanus sendiri akan menjadi projek terbaru dari Jagat Sinema Bumilangit. Meski tak dikenalkan pada JSB Jilid I, aktor pemeran dari Aquanus pun sudah dipilih, yaitu Nicholas Saputra.

Sampai saat ini, masih belum banyak informasi yang bisa digali terkait film Aquanus. Yang jelas, mungkin dua atau tiga tahun lagi, Aquanus siap menyapa para penggemar jagoan Indonesia, di layar lebar.


REKOMENDASI
TRENDING