Royal Wedding: Fakta Tradisi Perhiasan Royal Family, Bagaimana Dengan Meghan Markle?

Rabu, 09 Mei 2018 15:17 Penulis: Mita Anandayu
Royal Wedding: Fakta Tradisi Perhiasan Royal Family, Bagaimana Dengan Meghan Markle? Meghan Markle - Pangeran Harry © AFP

Kapanlagi.com - Keluarga kerajaan Inggris memiliki banyak tradisi yang diturunkan semenjak beratus-ratus tahun lalu. Salah satunya terkait dengan tradisi dalam royal wedding. Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah pasangan berikutnya yang akan menyelenggarakan royal wedding.

Pangeran Harry dan Meghan Markle yang diwakili oleh Kensington Palace sebelumnya telah mengumumkan undangan pernikahan mereka. Undangan tersebut mengikuti tradisi Royal Family selama bertahun-tahun di mana dekorasi undangan tersebut menggunakan tinta emas dan diproses menggunakan mesin yang dibuat di tahun 1930-an.

Pangeran Harry dan Meghan Markle © AFPPangeran Harry dan Meghan Markle © AFP

Dengan undangan yang demikian, tak menutup kemungkinan Meghan juga akan menggunakan perhiasaan yang diwariskan secara turun temurun. Sudah menjadi tradisi turun temurun dalam keluarga kerajaan Inggris bahwa mempelai akan mengenakan perhiasan emas Welsh. Apakah Meghan Markle akan mengikuti tradisi untuk memakai perhiasan emas tersebut? 

Tradisi Perhiasan Royal Wedding

Kembali di tahun 1920-an, saat The Queen Mother menikah ditetapkan bahwa para pengantin di Royal Family diharuskan memakai perhiasaan yang terbuat dari emas. Tak hanya itu, desainer perhiasan pun juga harus berasal dari Inggris. Emas Welsh ini juga dikatakan jadi emas terbaik dibandingkan Australia dan Afrika Selatan.

Tradisi ini pun diteruskan oleh Ratu Elizabeth II di tahun 1947, Putri Margaret, Putri Anne, pernikahan Putri Diana di tahun 1981, dan Kate Middleton yang menggunakan cincin emas Welsh di pernikahannya.

Tak hanya berupa cincin, etika kerajaan Inggris lama juga mengharuskan setiap perempuan tidak menggunakan tiara sampai menikah nanti. Hal ini sebagai bentuk persembahan kecantikan diri, tak hanya sebagai hiasan. Tiara ini sebagai penanda perpindahan statusnya yang telah menjadi seorang istri.

Akankah Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family © AFPAkankah Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family © AFP

Flashback di pernikahan Putri Diana tahun 1981 dimana Putri Diana mengenakan tiara. Perhiasan tersebut merupakan pemberian Ratu Elizabeth II sebagai hadiah pernikahannya. Cambridge Lover's Knot Tiara tersebut juga terlihat dikenakan Kate Middleton setelah menikah dengan Pangeran William. Sedangkan Kate Middleton mengenakan Cartier Halo Tiara di hari pernikahannya dengan Pangeran William.

Sedikit membahas pengantin pria yang punya tradisi sedikit berbeda, di mana ada kebiasaan bahwa pengantin pria tidak memakai cincin kawin. Pangeran Phillip dan Pangeran William pernah mengikuti aturan ini.

Sementara itu Pangeran Charles sempat mengenakannya di jari kelingkingnya setelah menikah dengan Putri Diana. Namun di tahun 2005 Pangeran Charles melepas cincin tersebut tepat sebelum pernikahan keduanya dengan Camilla Parker Bowles.

Lantas, akankah Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikuti tradisi Royal Family? Meghan Markle belum diketahui apakah nantinya ia akan mengikuti tradisi tersebut dengan menggunakan cincin emas atau tidak. Bisa jadi mungkin tak hanya cincin, tapi juga kalung, gelang ataupun perhiasan lainnya. Jawabannya ada di tanggal 19 Mei 2018. Stay tuned di Kapanlagi.com!

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING