SELEBRITI

Menu Diet Ala Selebritis, Apa Yang Mereka Hindari?

Selasa, 25 September 2018 17:20 Penulis: Rahmi Safitri

© KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Bagi para selebriti, tampil terbaik dan mendekati sempurna itu wajib hukumnya. Bisa dari penampilan fisiknya, fashionnya, sampai riasannya pun menjadi sorotan. Profesi yang digeluti membuat mereka berada di depan kamera hampir sepanjang waktu. Oleh karenanya, para selebriti tentu ingin punya penampilan yang ideal. Tubuh langsing, semampai, berotot, atau berisi, semua punya pilihan masing-masing.

Demi mendapatkan tubuh ideal, salah satu cara yang dilakukan para seleb adalah melakukan diet. Kira-kira selebritis Indonesia banyak yang diet nggak ya? Dari beberapa selebritis Tanah Air yang sudah diwawancarai secara eksklusif oleh KapanLagi.com®, ada beberapa yang pernah diet. Tapi ada juga yang memilih untuk makan segala jenis menu makanan. Yuk kita cari tahu siapa saja yang pernah diet atau siapa saja yang enggan untuk mengurangi porsi makan.

1. Menu Diet Selebritis

Dua bintang muda di dunia perfilman, Endy Arfian dan Laura Theux, mengaku pernah diet. Endy yang wajahnya semakin dikenal lewat film PENGABDI SETAN memilih diet karena pipinya jadi chubby. Oleh karena itu ia memilih untuk mengurangi makan. Sementara Laura, aktris film JARAN GOYANG, berujar ia pernah diet yang disebutnya 'agak gila-gilaan'.

"Kayak makan oatmeal aja 3 kali sehari. Pernah kaya detox gitu, cuma minum jus doang, setiap hari. Akibatnya drop waktu itu, kita nggak bisa beraktivitas dan buang-buang uang buat rumah sakit deh," kata Laura.

Selebriti lainnya yang mengaku pernah diet adalah Tarra Budiman. Bintang sinetron dan presenter satu ini mengawali dietnya dengan mengatur pola makan terlebih dahulu. Ia tak ingin langsung stop makan menu tertentu. Terlebih lagi untuk makan siang hari, Tarra mengaku tetap makan apa saja. Usut punya usut, ia ternyata gampang tergoda lho dan suka lupa kalau sedang menjalani diet.

"Yang paling parah itu nasi. Ketika makan masakan Sunda, elo nggak mungkin makan nggak pake nasi. Apalagi loe makan jengkol, pete, itu nggak mungkin nggak pake nasi. Jadi buat gua hal-hal itu. Apalagi udah masak-masak makanan Jepang, itu nggak berhenti, itu sih," cerita Tara.

Pola diet yang sama juga dilakoni oleh Nindy. Penyanyi yang suka berpenampilan unik nan fashionable ini meyakinkan kalau diet yang dilakukannya sama sekali nggak berbahaya. "Aku hanya pergi ke nutritionist dan pola makan aku dijaga. Jadi seharian aku tetap makan cuma kadarnya ditimbang," kata penyanyi lagu Buktikan ini.

Berbeda dengan Tara dan Nindy yang menjaga pola makan saja, Luna Maya memilih untuk pilih-pilih menu makanannya. Pemeran Suzzanna ini mengungkap bahwa ia menghindari tepung sebagai bahan makanannya. "Tapi bukan nggak makan. Diet nggak makan tepung atau yang gluten," katanya singkat.

2. Tekun Berdiet

Bicara diet para selebriti, tentunya tak bisa lepas dari nama Deddy Corbuzier. Host satu ini lah yang pernah mempopulerkan diet OCD. Hingga kini, ayah dari Azka ini masih melakukannya meski tidak setiap hari. Deddy mengungkap sekarang berat badannya 90 kg. Ketika ditanya apakah berniat untuk menurunkan berat badannnya, ia justru menjawab soal pakaian.

"Makanya kadang-kadang kalau saya lagi syuting atau jalan saat ini saya suka pakai vest terus, kadang-kadang tank top, bukan karena gaya karena susah cari pakaiannya. Bisa dibeli tapi dirombak. Misal orang bisa beli jas di toko merek abcd, tapi saya nggak mungkin karena mereka nggak buat ukuran yang dadanya gede, tangannya gede, pinggangnya kecil, nggak bisa. Jadi harus desain sendiri. Akhirnya uangnya jadi lebih mahal lagi," curhat Deddy.

Berbeda dengan para selebriti di atas yang memilih untuk berdiet secara rutin. Julie Estelle mengaku saat ini sedang tidak dalam program diet. Jadi kalau misal dia sedang menimbang badan dan beratnya naik, ia memilih untuk olahraga saja walau kadang memulainya bakal sulit. "Paling ya itu aja sama pola makan yang sehat dengan konsumsi buah," kata Julie. Baginya olahraga dan buah adalah diet yang pas.

3. Hubungan Pola Tidur dan Diet Menurut Dokter

Tidak banyak yang tahu bahwa program diet pun perlu ditunjang dengan pola tidur yang ideal. Ketika seseorang ingin menjaga bentuk tubuhnya salah satunya itu harus menjaga jam tidurnya, yaitu minimal 8 jam sehari untuk orang dewasa.

Menurut Dokter Andreas Prasadja yang punya sertifikasi dalam studi soal tidur, salah satu risiko kurang tidur itu adalah obesitas. Buat yang sudah menjaga penampilan pastinya hal tersebut adalah yang paling dihindari.

"(Ketika gangguan tidur) metabolismenya terganggu, ngantuk terus orang kalau ngantuk bawaannya apa? Ngemil kan. Otak yang lelah secara otomatis mencari sesuatu yang manis, asin, dan gurih. Karena metabolisme terganggu, jadi sulit menurunkan berat badan," jelas Dokter Andreas.

Obesitas itu bukan hanya membuat orang jadi nggak percaya diri tapi juga punya risiko lain yang berbahaya bagi kesehatan. Di antaranya adalah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan ereksi. Dokter Andreas lalu mengingatkan kalau kesehatan itu bukan cuma menjaga pola makan dan olahraga teratur. Yang penting itu ada tiga komponen dan salah satunya adalah kesehatan tidur.

"Satu sisi adalah nutrition balance. Satu sisi lainnya adalah olahraga yang teratur, tapi yang paling bawah yang mendasar dari 2 hal itu adalah kesehatan tidur. Jika kesehatan tidur tidak dijaga, mau diet sehebat apapun, olahraga sehebat apapun, justru malah jadi berbahaya. Yang paling utama adalah kesehatan tidur," pesan Dokter Andreas.

4. Diet Sambil Tidur Cukup

Menurut All Women’s Talk, ketika seseorang tidur cukup, hormon cortisol yang diproduksi oleh tubuh cenderung rendah. Hormon cortisol ini sendiri muncul ketika stres, kurang tidur atau panik dan bisa menciptakan banyak problem pada tubuh, mulai dari problem kecantikan hingga problem kesehatan. Namun tidur yang cukup akan membuat tubuh dapat menekan produksi hormon cortisol, sehingga ia tak punya banyak kesempatan untuk memicu rasa lapar, atau keinginan makan berlebihan.

Dokter asal Amerika Serikat yang ahli dalam hal obesitas, Caroline Apovian dari Boston Medical Center, juga menyarankan diet sambil tidur cukup dalam bukunya yang berjudul The Overnight Diet. Caranya selain diet makanan berprotein tinggi selama enam hari, diikuti satu hari diet cairan, juga dilanjutkan dengan banyak tidur (tanpa latihan) sehingga badan lebih ramping. Menurut Apovian, cara ini bisa menurunkan 0,9 kilogram (kg) per malam dan 4 kg dalam seminggu.

Sebuah penelitian menunjukkan lebih banyak tidur bisa menurunkan berat badan di 2013 juga membenarkan cara tersebut lho. "Dalam rangka menurunkan 0,9 kg lemak tubuh dalam semalam Anda harus membakar sekitar 6 atau 7 ribu kalori dan tak ada cara lain yang bisa dilakukan dengan tidur," ujar Direktur Klinik Nutrisi di Rose F Kennedy Center, Keith Ayoob.

5. Hidup Sehat Versi Selebritis

Ngomong-ngomong soal hidup sehat dengan menjaga pola tidur, ternyata ada beberapa selebritis yang setuju kalau mereka belum melakukan itu semua. Meski mengaku nggak melakukan diet, Aurelie Moeremans mengaku hidupnya masih jauh dari kata sehat. "Belum hidup sehat banget sih, harusnya dibantu olahraga dan tidur yang lebih banyak," kata bintang film BADOET ini.

Julie Estelle sendiri punya anggapan sendiri nih soal hidup sehat terutama buat yang melakukan diet. Kata adik kandung Cathy Sharon yang paling penting tetap sehat selama diet itu adalah konsisten. "Sebenernya buat aku gaya hidup sehat itu yg penting konsisten, jangan cuma bisa seminggu - dua minggu kita bener-bener diet yang ketat tapi abis itu loss lagi. Karena itu jadinya yoyo kan, naik turun-naik turun. Malah itu tidak baik, lebih baik ya kita mengubah gaya hidup tapi konsisten mengurangi misalnya makan karbo, mungkin nasi putih diganti nasi merah. Terus mungkin mengurangi makan goreng-gorengan, banyak makan sayur, makan buah-buahan," pesannya.

Intinya sih langsing atau apapun itu tetap tidak akan sehat kalau pola tidur kita terganggu. So mulai sekarang mari kita menjaga pola makan, olahraga, dan pastinya tidur yang cukup. Karena buat apa kalau tampilan luar enak dipandang tapi di dalamnya kita rapuh dan penyakitan?


REKOMENDASI
TRENDING