SELEBRITI

BJ Habibie Meninggal, Jokowi Kenang Mendiang Sebagai Sosok Penuh Solusi

Rabu, 11 September 2019 19:53 Penulis: Rezka Aulia

Jokowi sampaikan belasungkawa. © instagram/jokowi

Kapanlagi.com - Kabar meninggalnya BJ Habibie membuat seluruh Indonesia berduka. Tak terkecuali presiden Indonesia, Joko Widodo. Ia langsung datang memberi penghormatan terakhir pada almarhum ke RSPAD, Jakarta.

Didampingi Iriana Jokowi dan Gibran Rakabuming, Jokowi memberi pernyataan dukanya dihadapan awak media. Selainkan menyampaikan belasungkawa, Jokowi juga mengabarkan kondisi dan rencana pemulangan jenazah.

"Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Kuningan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan bapak BJ Habibie semasa hidupnya," ujar Jokowi di RSPAD, Jakarta pada Rabu (11/9/2019).

 

1. Jokowi Sempat Jenguk Sebelumnya

Baharuddin Jusuf Habibie meninggal di usia 83 tahun karena komplikasi penyakit dan kebocoran jantung. Mendiang menghembuskan nafas terakhir pada 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Rabu, 9 September 2019. Habibie telah dirawat oleh Tim Dokter Kepresidenan sejak 1 September 2019 lalu.

"Tiga hari yang lalu saya menengok beliau tetapi (hanya melalui bahasa isyarat) karena kondisi kesehatan beliau," ujar Jokowi yang berbicara dengan mata sembab.

2. Negarawan Pemberi Solusi

Mendiang Habibie merupakan presiden ketiga RI, sebelum menjabat posisi presiden sebelumnya ia didapuk menjadi menteri oleh Soeharto. Meski tak lama menjabat sebagai presiden, namun BJ Habibie memberi banyak perubahan untuk negeri ini.

Bahkan hingga saat ini ia masih aktif memberi masukan pada pemerintah. Hal ini diakui Jokowi bahwa mendiang BJ Habibie banyak memberi solusi secara langsung padanya.

"Setiap persoalan yang ada di negara kita, beliau selalu langsung menyampaikan solusi dan jalan keluar. Kadang sering datang ke istana atau saya ke rumah Pak BJ Habibie. Beliau seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh," pungkas Jokowi.

 


REKOMENDASI
TRENDING