Cerita Dude Harlino & Rekan Artis Bikin Komunitas Pengajian, Rutin Belajar Ilmu Agama

Minggu, 21 Januari 2018 13:15 Penulis: Ferry Sanjaya
Cerita Dude Harlino & Rekan Artis Bikin Komunitas Pengajian, Rutin Belajar Ilmu Agama Dude Harlino © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Banyak artis yang kini memutuskan untuk hijrah dan fokus perdalam ilmu agama. Beberapa rekan artis itu pun terlihat sering kumpul untuk mengikuti kajian atau mengadakan pengajian. Sebut saja Dude Harlino, Teuku Wisnu, Dimas Seto, Primus Yustisio, Tommy Kurniawan, Arie Untung dan masih banyak lagi.

Meski sebagian dari mereka sudah jarang tampil di layar kaca, mereka tetap rutin berkumpul untuk sharing dan sama-sama belajar ilmu agama. Hal itu pun diungkapkan oleh Dude yang menceritakan tentang komunitas pengajian bersama para rekan artis lain.

"Kalau masalah belajar (ilmu agama) setiap saat harus belajar. Kebetulan saya dengan teman-teman di entertainment kita punya komunitas pengajian rutin. Sama teman-teman yang lain seminggu sekali atau kadang-kadang sebulan dua kali kita ngundang ustaz ke rumah salah satu teman, kita kumpul di sana, kita mengkaji apa yang kita pelajari. Jadi kalau proses belajar nggak pernah berhenti sih. Belajar saja kurang cukup kalau belum kita bagi. Jadi walaupun kita tahunya sedikit lalu kita bagi, mudah-mudahan jadi manfaat," ujar Dude saat mengisi acara Majelis Taklim Pemuda Istiqlal di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (21/1).

Dude Harlino © Kapanlagi/Bayu HerdiantoDude Harlino © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Tidak hanya berkumpul ikut kajian, para rekan artis ini juga jadi sering berdakwah di berbagai acara. Walau sebenarnya mereka tak ingin dipanggil ustaz. Karena menurut Dude, berdakwah itu kewajiban semua umat muslim.

"Tapi kalau dakwah dan berbagi seperti ini sudah berjalan 8 tahun yang lalu. Jadi saya akan terus menjalankan selama saya mampu dan saya merasa keberadaan saya bisa membawa manfaat walaupun sedikit karena kewajiban dakwah itu semua muslim punya kewajiban yang sama, sampaikan walaupun kita hanya tahu satu ayat," ungkapnya.

"Saya bukannya sebagai ustaz berdiri tapi sama-sama anak muda yang mau sama-sama belajar, mau sama-sama memberikan pengalaman dan apa yang pernah saya lalui di masa lalu saya bagi supaya mereka bisa merenung lebih baik lah insya Allah," lanjut suami Alyssa Soebandono itu.

Sebagai umat muslim yang sama-sama masih belajar soal agama. Dude pun tak luput dari salah. Apalagi dia seorang public figure yang semua perkatannya menjadi sorotan.

"Ya itu sangat manusiawi lah ya. Manusia pasti tempatnya salah. Kalau memang ada hal-hal yang tidak berkenan ya saya mohon maaf. Tapi paling tidak, saya sebelum menyampaikan saya sudah memikirkan dampak baik dan buruknya. Insya Allah mudah-mudahan apa yang saya sampaikan baik ya. Kalau ada hal-hal yang kurang berkenan ya sampaikan ke saya lagi supaya ke depan ada evaluasi lah," pungkasnya.

(kpl/rhm/frs)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING