Demi Ranah Minang, Lukisan Mbah Surip dan Iwan Fals Dilelang

Sabtu, 12 Desember 2009 20:10 Penulis: Noviana Indah TW
Demi Ranah Minang, Lukisan Mbah Surip dan Iwan Fals Dilelang Mbah Surip
Kapanlagi.com - Sebagai wujud kepedulian terhadap Ranah Minang yang kerap dirundung bencana, beberapa pelukis nasional menggelar pelelangan lukisan. Dalam preskon di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (11/12) kemarin, MGE. SW. Slamet selaku perwakilan seniman pelukis menuturkan jika lukisan Mbah Surip dan Iwan Fals juga ikut dilelang di sini.

"Konsepnya seniman ingin selalu berbuat dan butuh imajinasi seseorang. Di sini kita melibatkan sebuah karya dan salah satunya Mbah Surip. Dia adalah pelukis dari dulu tapi Mbah Surip tidak dianggap, padahal banyak karyanya,"tutur Slamet.

Mbah Surip sendiri dituturkannya pernah melukis selama dua minggu di kediamannya. Begitu juga Iwan Fals. Dan lukisan mereka itu juga diikutkan dalam acara pameran dan pelelangan lukisan yang bakal digelar 12-16 Desember mendatang dengan tema Ranah Minang Bangkit itu.

"Mbah Surip pernah melukis Ka'bah dan itu membuat istrinya menangis. Tadinya lukisan Mbah Surip Ka'bah ingin dilelang namun tidak diizinkan oleh istrinya, makanya yang akan dilelang lukisan Ekspresi. Sama seperti Iwan Fals, ketika pameran lukisan ini diadakan, Mas Iwan langsung setuju," tambah Slamet.

Tak tanggung-tanggung, lukisan Mbah Surip dan Iwan Fals yang baru pertama kali ikut pameran ini bakal dihargai dengan nilai pembuka Rp25-35 juta. Selain lukisan karya Mbah Surip dan Iwan Fals, total ada sekitar 100 lukisan yang akan ikut serta dalam ajang ini.   

(kpl/gum/npy)


REKOMENDASI
TRENDING