SELEBRITI

Filmkan Kisah Hidup Zulkifli Hasan Dalam Novel 'Rantau', Pasha Ungu Ikut Tersentuh

Sabtu, 23 April 2022 15:52

Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kisah perjalanan hidup politisi Zulkifli Hasan semasa kecil hingga meraih kesuksesan dituangkan dalam sebuah novel berjudul ‘Rantau’. Spesialnya novel ini ditulis langsung oleh kedua putrinya Futri Zulya dan Zita Anjani.

Semua cerita di dalam novel tersebut merupakan kisah yang sering didengar Futri Zulya dan Zita Anjani sejak kecil. Karena penasaran, mereka pun sampai pergi ke kampung halaman sang ayah di Lampung untuk mengetahui cerita lengkapnya.

“Ini semua yang diceritakan waktu kami kecil akhirnya kami penasaran ceritanya benar atau nggak akhirnya kita jalan ke Lampung bertemu teman-temannya bapak waktu masih kecil. Ternyata ceritanya benar dan sangat menarik. Makanya kita tulis jadi buku. Mudah-mudahan bisa menginspirasi teman-teman semua,” ujar Futri Zulya saat diemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (21/4).

1. Hadiah Ulang Tahun

Proses penulisan novel ini pun cukup lama yakni membutuhkan waktu sekitar lebih dari lima tahun. Karena memang sulit mengumpulkan narasumber dari teman-teman, guru-guru dan warga Lampung yang mengenal sosok Zulkifli Hasan.

“Sangat sulit ngumpulin narasumbernya, warga-warga sana, teman-teman, guru, terus ke Lampung kan jauh. Ini kan baru selesai nulis tahun lalu karena covid tahun ini baru launching,” kata Zita Anjani.

Novel ‘Rantau’ ini juga sebenarnya hadiah ulang tahun dari Futri Zulya dan Zita Anjani untuk sang ayah tercinta.

“Sebenarnya ini buku hadiah ulang tahun bapak tahun lalu yang ke-58. Tapi baru launching sekarang,” ucap Futri Zulya.

2. Awalnya Zulkifli Hasan Tak Mau

Sementara itu, Zulkifli Hasan mengaku sebenarnya tidak pernah mau kisah hidupnya dibuatkan dalam sebuah novel. Namun karena kedua anaknya yang menulis, Ia pun akhirnya luluh.

“Banyak yang mau nulis saya nggak mau dari dulu. Karena nggak enak lah masih banyak yang lebih sukses. Tapi rupanya anak-anak lagi ngobrol direkam. Jadi kalau mau diambil pelajaran kegagalan itu bersamaan dengan kesuksesan. Kesuksesan datang dari cerita gagal justru,” ungkap Zulkifli Hasan.

3. Kisah Perjalanan Hidup Zulkifli Hasan

Novel ‘Rantau’ mengisahkan tentang Zun, yang memiliki kemauan dan tekad besar dalam hidupnya untuk meraih sukses. Zun yang berasal dari Kalianda, Lampung ingin membuktikan kepada orang sekitarnya bahwa dia bisa sukses di Jakarta.

Zun pun akhirnya merantau ke Jakarta hanya bermodalkan emas yang diberikan sang ibunda. Doa dari seorang Ibu memang tidak pernah meleset. Zun membuktikan dirinya bisa menaklukan Jakarta hingga bisa menjadi pengusaha sukses, menteri, ketua MPR RI dan ketua umum partai politik yang diperhitungkan.

“Zun diangkat dari kisah ayah kami sendiri. Beliau selalu mengajarkan tentang kerja keras dan usaha sungguh-sungguh untuk meraih mimpi. Sebagai anak perempuan pertama di keluarga, nilai-nilai itu pula yang menempa saya untuk tumbuh menjadi perempuan mandiri yang tak boleh menyerah pada mimpi-mimpi saya,” ungkap Futri Zulya.

4. Pasha Ungu Ikut Tersentuh

Kisah perjalanan hidup Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun membuat Pasha Ungu ikut tersentuh. Pasha yang turut hadir dalam peluncuran novel ‘Rantau’ ini jadi ingat tentang anak-anaknya di rumah.

“Saya terbawa waktu Futri sedikit statement tentang bagaimana seorang ayah dalam hal ini yang dikisahkan dalam novel Pak Zulkifli Hasan sangat berani (melakukan apapun) terhadap anak. Saya ceritakan juga namanya bapak begitu terhadap anak termasuk ibu. Anaknya sakit bapaknya juga pasti repot,” pungkas Pasha.

(kpl/rhm/frs)


REKOMENDASI
TRENDING