Gara-Gara Kumis, Agus Dhukun Nyaris Tewas Saat Diving

Senin, 06 Mei 2013 11:41 Penulis: Darmadi Sasongko
Gara-Gara Kumis, Agus Dhukun Nyaris Tewas Saat Diving Agus Dhukun
Kapanlagi.com - Saat diving di Raja Ampat, Papua Barat pada Sabtu (4/5), musisi Agus Dhukun mengaku nyaris tewas. Dia kehabisan oksigen saat berada di kedalaman laut. Penyebabnya, masker oksigennya terganjal kumis sehingga tidak bisa menempel dengan tepat.

"Kalau memakai masker diving memang nggak boleh ada rambut seperti kumis yang terselip antara masker dan kulit wajah, karena itu akan menimbulkan celah," ujar Agus Dhukun pada KapanLagi.comŽ, Minggu (5/5).

Saat penyelaman pertama, Agus mengira kumis panjangnya bukan suatu hambatan. Apalagi di sana sangat sulit mencari silet untuk bercukur. "Waktu menyelam di kedalaman lebih dari 10 meter, maskernya kemasukan air. Saya sempat nggak bisa nafas karena kehabisan oksigen," katanya.

Karena tidak mau terulang kembali kejadian yang sama, sebelum kembali menyelam untuk yang kedua kalinya, Agus pun rela mencukur kumisnya. Padahal kumis itu selama 20 tahun lebih tidak pernah dicukur bersih. "Kalau tidak dicukur, pada kedalaman tertentu bisa menyebabkan masker bocor (tidak kedap udara)," jelasnya.

Lelaki yang pernah menerima penghargaan MURI untuk album Warteg itu mengaku beruntung, saat kehabisan nafas di dalam laut bisa diatasinya. "Untung saya pernah belajar ilmu bela diri pernafasan, jadi bisa menahan nafas sampai ditolong Ramli (Master Diving)," pungkasnya.

(kpl/aal/dar)


REKOMENDASI
TRENDING