Haji Nirin Meninggal Dunia, Bang Ocid Siap Lanjutkan Amanahnya

Senin, 21 Maret 2016 16:10 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Haji Nirin Meninggal Dunia, Bang Ocid Siap Lanjutkan Amanahnya Ucup Nirin/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Ucup Nirin atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Ocid mengungkapkan kesedihannya setelah ditinggal ayahanda tercinta, H. Nirin Kumpul yang merupakan seniman senior Betawi. Nama Nirin Kumpul mulai dikenal publik pada dalam program televisi Pepesan Kosong bersama H. Bolot dan Malih Tongtong.

Sebagai anak pertama, bang Ocid pun mendapat amanat dari almarhum untuk menjaga adik-adiknya. "Saya sebagai anak tertua harus momong adik-adik saya, pesannya kepada anak paling tua," ujar bang Ocid saat ditemui di rumah duka, Bojongsari Baru, Sawangan Depok pada (21/3).

Pemain sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekah itu pun bercerita sosok almarhum yang dinilainya sangat bertanggung jawab dengan pekerjaannya. "Saya satu bulan lagi kan bakal ada acara dan dia tuh orangnya serba khawatir, acara apapun dia selalu nanya, 'Cid tukang suling udah di-calling (dihubungi) belum, tukang ini udah belum', pokoknya dia mau jangan sampai bikin malu di panggung lah. Semoga (saya) bisa melanjutkan perjuangan bapak," jelasnya.

Bang Ocid berjanji akan jalankan amanat almarhum sang ayah/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoBang Ocid berjanji akan jalankan amanat almarhum sang ayah/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Sementara itu Linda Nirin, anak ke-4 almarhum ingat betul saat dirinya dan sang kakak, bang Ocid main sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekah, pria yang biasa dipanggil baba sama anak-anaknya itu sangat bangga dengan kesuksesan anak-anaknya.

"Waktu Linda dan bang Ocid main sinetron dia bangga banget nama Ucup Nirin dan Linda Nirin ada di credit title. Itu anak gue katanya. Paling diingat baba haji pernah bilang boleh kita mati, tapi kesenian jangan sampai mati harus diterusin. Karena semua rezeki beli rumah, semuanya di dapat di situ (jadi seniman)," ucap Linda.

Hal senada juga dikatakan Malih Tongtong yang juga merupakan besan almarhum. Menurutnya almarhum adalah sosok seniman sejati. Walau sedang sakit jika sudah janji, dia akan tetap tampil. "Orangnya tanpa menyerah dan selalu menepati janji sama orang. Walau sakit tetap manggung," pungkas Malih.

H. Nirin Kumpul meninggal pada (20/3) sekitar pukul 20.00 WIB di usianya ke 70 tahun karena penyempitan jantung. Almarhum meninggalkan seorang istri Hj Djamah, 7 orang anak dan 12 cucu.

(kpl/rhm/tch)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING