Ini Stigma Negatif Wanita Yang Ingin Dipatahkan Puteri Indonesia

Selasa, 11 April 2017 08:05 Penulis: Agista Rully
Ini Stigma Negatif Wanita Yang Ingin Dipatahkan Puteri Indonesia © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Meski emansipasi wanita di Indonesia telah berkembang pesat sejak era R.A Kartini, kemampuan wanita masih sering diremehkan. Dalam beberapa hal ruang gerak wanita masih dibatasi terutama untuk menjabat kedudukan strategis yang masih didominasi oleh kaum Adam.

Oleh sebab itu, para Puteri Indonesia ingin berbagi opini tentang stigma negatif wanita yang ingin mereka hilangkan. "Buat saya pribadi, wanita itu dikenal sebagai makhluk lemah. Tapi di balik hal tersebut wanita memiliki hak untuk memimpin. Jadi tidak cocok untuk dibilang lemah," ujar Bunga Jelitha Ibrani, Puteri Indonesia 2017 yang dijumpai usai nobar film KARTINI di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (07/04).

"Kita memang sudah memiliki Presiden Indonesia perempuan tapi belum ada kesempatan lagi meski sekarang banyak pemimpin wanita yang terjun ke dunia politik atau perusahaan," tambah Karina Nadila, Puteri Indonesia Pariwisata. 

Wanita Indonesia lebih baik diberi lebih banyak kesempatan untuk membuktikan dirinya © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoWanita Indonesia lebih baik diberi lebih banyak kesempatan untuk membuktikan dirinya © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Sebenarnya di zaman sekarang sudah tidak ada yang harus dipatahkan lagi tapi lebih dikasih kesempatan. Karena kita tidak memiliki kesempatan yang sama seperti laki-laki," lanjut Karina yang juga berprofesi sebagai seorang aktris tersebut.

Pendapat Karina Nadila ini disetujui oleh Ratu Vashti, finalis Puteri Indonesia asal Banten. "Saya setuju, kita punya tanggung jawab lebih dan alangkah lebih baik jika potensi wanita dapat dilihat," ujarnya.

Sementara itu ketika ditanya tentang sosok Kartini modern, baik Karina Nadila maupun Bunga Jelitha kompak mencontohkan dirinya sebagai Kartini modern. "Kami dan para finalis Puteri Indonesia lainnya adalah Kartini modern karena kita berusaha menciptakan prestasi untuk bangsa," ujar Puteri Indonesia wakil Nusa Tenggara Timur tersebut.

"Kita di sini berempat ingin membawa Indonesia ke kancah internasional. Saya ingin wanita Indonesia bisa dilihat keramahtamahan dan hal positifnya di sana," tandas Bunga Jelitha.

(kpl/aal/agt)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING