SELEBRITI

Joko Anwar Gemar Foto Kuburan, Tak Hanya Dijadikan Tempat Nulis Skenario

Sabtu, 04 Juli 2020 11:30

Joko Anwar (credit: Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Joko Anwar adalah tipe sutradara yang menulis sendiri skenario film buatannya. Demi mendapatkan ketenangan sewaktu menulis, ia sampai melakukannya di tempat tak lazim yakni kuburan.

Tentu saja tak sembarang kuburan didatangi oleh Joko. Pria asal Medan ini memilih yang tempatnya bagus dan nyaman dipakai sehingga ide mengalir deras.

"Jadi aku nulis di kuburan, tapi kuburannya juga harus bagus. Malam-malam juga nggak pa-pa, waktu itu nulis dialog PENGABDI SETAN di sana," aku Joko seperti dikutip saat live di Instagram Cinema XXI, Jumat (3/7/2020).

1. Menulis di Museum

Selain areal pekuburan, Joko Anwar juga senang menulis skenario di museum. Sama seperti saat di kuburan, ketenangan museum juga membuat ia lancar menulis adegan demi adegan.

"Dua tempat yang paling aku suka karena sangat hening itu museum dan kuburan. Film GUNDALA aja selesai nulisnya di museum di Amsterdam," ucap sutradara berusia 44 tahun ini.

2. Foto Kuburan di Banyak Negara

Tidak hanya sekadar menulis di kuburan, ternyata Joko Anwar memiliki ketertarikan khusus pada tempat peristirahatan terakhir itu. Setiap mengunjungi kota-kota di berbagai negara, ia memastikan datang ke kuburan untuk memfotonya.

"Kuburan itu salah satu tempat yang paling aku suka. Jadi kalau aku pergi ke kota mana di luar negeri, pasti yang pertama aku check out kuburan dan museumnya. Dan kalau ke kuburan aku foto dan aku kumpulin. Sekarang udah banyak banget kumpulan foto-foto kuburan di banyak negara. Aku tadinya mau bikin pameran foto namanya Hope, tapi belum kesampaian," tandasnya.


REKOMENDASI
TRENDING