Joshua Suherman Ikut Berpuasa Saat Ramadan, Ini Alasannya!

Jum'at, 02 Juni 2017 07:13 Penulis: Cinthya Septavy
Joshua Suherman Ikut Berpuasa Saat Ramadan, Ini Alasannya! Joshua Suherman © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bulan Ramadan adalah momen bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Namun seringkali rasa toleransi dalam lingkup pertemanan membuat saudara kita pemeluk agama lain pun melakukannya. Nggak percaya? Adalah Joshua, entertainer serba bisa ini mengaku juga ikut berpuasa lho!

"Ya enggak pernah makan dan minum di depan teman-teman yang puasa karena ikut puasa juga. Ya sama kayak kalian, nggak makan, nggak minum. Karena ini bulan Ramadan jadi ikut aturan teman-teman yang berpuasa. Kalau di agama gue sih nggak pakai sahur," ujar Joshua Suherman saat ditemui usai acara Rumpi di Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (31/5).

Joshua pun juga punya alasan lain di balik keinginannya berpuasa. Pria 24 tahun itu pengin bobot tubuhnya bisa turun dengan mencoba menahan nafsu makan. Alih-alih nafsu makan, menurut Joshua yang paling susah ditahan itu ternyata nafsu untuk berbuat hal yang negatif, contohnya mencibir.

Joshua tak hanya menahan lapar tapi juga belajar menahan nyinyir © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaJoshua tak hanya menahan lapar tapi juga belajar menahan nyinyir © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya


"Alasannya karena mumpung ada temannya. Kedua berat badan semakin tidak kondusif, seperti apa susahnya menahan nafsu. Surprisingly lapar sama hausnya nggak berasa lebih ke nahan nyinyir ya itu," ungkapnya sambil tertawa.

Tak dimungkiri, keberagaman Indonesia begitu indah jika perbedaan bukan dilihat sebagai hambatan, tapi justru pemersatu. Seperti halnya Joshua yang bersyukur bisa berteman dengan siapa saja tanpa pandang bulu, sesuai dengan penuturannya berikut:

"Karena banyak teman-teman dari latar belakang berbeda, agama berbeda kayaknya bulan puasa atau bukan, sama-sama hangatnya. (Bukber) Sampai saat ini belum ada," pungkas mantan artis cililk tersebut.

(kpl/pur/cvn)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING