SELEBRITI

Kisah di Balik Nama Dorce Gamalama, Pemberian Kelompok Tari Waria - Awalnya Harus Jalani Ritual Khusus

Rabu, 16 Februari 2022 16:01

Asal usul nama Dorce Gamalama (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Dunia hiburan Indonesia kembali kehilangan sosok multitalenta. Dorce Gamalama meninggal dunia, pada hari Rabu (16/2) di RSPP Simprug. Dorce tutup usia karena terpapar covid-19 dan penyakit komplikasi yang ia derita.

Sebelumnya ia menjalani perawatan selama kurang lebih 3 minggu. Belakangan ini kondisi kesehatannya pun menurun drastis dan membuatnya tak bisa tertolong lagi.

Semasa hidupnya, Dorce Gamalama dikenal sebagai seorang penyanyi, pencipta lagu, presenter hingga aktris. Dan ternyata di balik namanya yang begitu populer tersimpan sebuah kisah. Bagaimana awal mula ia memakai nama Dorce Gamalama? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dorce Gamalama lahir dengan nama Dedi Yuliardi yang merupakan pemberian dari kedua orangtuanya, Achmad dan Dalifah.

2. Nama Dorce sendiri merupakan pemberian dari Myran, sebuah kelompok tari waria Fantastic Dolls.

3. Sebutan Dorce diberikan karena artis kelahiran Solok, Sumatera Barat itu kerap memerankan karakter perempuan.

4. Sedangkan nama Gamalama diberikan oleh Sultan Ternate, Sultan Mudaffar Syah.

5. "Yang memberikan nama Gamalama itu Sultan Ternate, Sultan Mudaffar Syah, nama gunung di Maluku Utara tepatnya di Ternate," ujar Dorce seperti dikutip dari Tempo.com.

6. Untuk bisa menggunakan nama Gamalama, Dorce harus menjalani sejumlah ritual di Gunung Gamalama.

7. "Untuk naik ke atas pun kita perlu izin lebih dulu. Tidak sembarangan untuk bisa ke sana. Kalau kita tidak direstui kita tidak bisa ke sana," kata Dorce.

8. "Dan di tengah–tengah itu ada air suci yang disebut Abdas. Kalau kita tidak dapat ridho air itu tidak bisa keluar. Ini ajaib," imbuhnya.


REKOMENDASI
TRENDING