SELEBRITI

Main Film 'LARA ATI', Tatjana Saphira Kesulitan Belajar Bahasa Jawa

Selasa, 06 September 2022 18:50

Tatjana Saphira kesulitan belajar bahasa Jawa saat syuting film LARA ATI ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Tatjana Saphira mengaku kesulitan belajar bahasa Jawa saat bermain di film LARA ATI. Meski ada keturunan Jawa tapi Tatjana Saphira tidak terbiasa berbicara bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri baginya bermain di film yang disutradarai oleh Bayu Skak tersebut.

"Pastinya sulit banget sih karena biarpun aku ada keturunan Jawa tapi itu hanya dari nenek orang Jawa Tengah. Jadi selama ini kalau aku dengar dia ngomong bahasa Jawa Tengah itu agak sedikit beda ya dialeknya sama Jawa Timur," ujar Tatjana Saphira saat ditemui di di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/9).

"Buat aku cukup menjadi sebuah tantangan yang besar dengan waktu yang cukup singkat untuk bisa menghafalkan dialog-dialog bahasa Jawa dengan fasih dengan dialek Jawa Timur yang menurut banyak orang itu kan kayak lebih kasar gitu," lanjutnya.

1. Bertolak Belakang

Selain itu Tatjana Saphira mengatakan perannya di film LARA ATI ini cukup bertolak belakang dengan kesehariannya yang terbiasa berbicara lembut sementara di film ini dirinya harus berbicara khas Jawa Timur. Namun berkat film ini juga dirinya merasa banyak mendapat pelajaran.

"Itu bertolak belakang banget sama aku yang biasa kalau ngomong bisa dibilang lembut. Itu tantangan yang aku kejar dalam setiap project kan memang untuk belajar suatu hal yang baru, hal yang berbeda dari yang aku lakuin di film-film berikutnya. Aku merasa itu aku dapatin di film Lara Ati ini," paparnya.

2. Belajar Selama Dua Minggu

Untuk terlihat fasih berbahasa Jawa Timur, Tatjana Saphira belajar selama dua minggu bersama Bayu Skak dan pemain lainnya.

"Waktu itu persiapannya cuma dua minggu. Jadi dari reading sampai kita berangkat ke Surabaya ke lokasi syuting. Kurang lebih dua minggu aku ketemu Bayu dan reading sama pemain lainnya itu setiap hari sekitar dua sampai tiga jam lah," kata Tatjana Saphira.

"Jadi dimaksimalkan aja setiap sesi reading dan caranya adalah ngobrol dipahami dulu nih arti dari kalimat-kalimat yang ada dialog apa setelah udah paham baru dirapihin tuh dialeknya. Setelah udah dapat pakemnya kita rekam di voice note dan itu yang aku jadiin PR tiap malam untuk dengerin," lanjutnya.

3. Deg-degan

Tidak pernah berbicara bahasa Jawa dalam sebuh film membuat Tatjana Saphira merasa deg-degan karena takut salah pengucapan.

"Banget (tantangan) deg-degan juga sih karena kan takut kalau salah-salah pengucapannya nanti takut ada yang tersinggung atau gimana," pungkasnya.

Film LARA ATI ini merupakan hasil kerjasama Bayu Skak dan BASE Entertainment yang mengangkat kisah dari pergulatan banyak orang ketika memasuki fase dewasa atau seringkali dikenal dengan istilah Quarter Life Crisis.

Selain Bayu Skak dan Tatjana Saphira, film ini juga dibintangi oleh Sahila Hisyam, Dono Pradana, Keisya Levronka, Ciccio Manassero, Benidictus Siregar dan Indra Pramujito. Saksikan film LARA ATI di seluruh bioskop mulai 15 September 2022.

REKOMENDASI
TRENDING