SELEBRITI

Reza Rahadian Bagikan Momen Unik Saat Mengajar: Kangen Kalau Belum ke Kampus

Kamis, 15 November 2018 19:32 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Reza Rahadian © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Bicara soal Reza Rahadian pasti jadi teringat soal keviralannya saat mengajar. Beberapa bulan lalu, pria yang kini sedang terlibat dalam teater Bunga Penutup Abad ini kedapatan mengajar di Universitas Indonesia alias UI. Tak butuh lama, kabar ini langsung menjadi viral.

Tak ada yang menyangka kalau ternyata Reza Rahadian pandai mengajar. Walaupun rupanya saat itu adalah kali pertamanya mengajar. Pengalaman unik pun ia alami di sana.

"Waktu pertama kali ngajar (saya mendapatkan pengalaman unik). Saya masuk kelas, semuanya (mahasiswa) kayak kasak-kusuk sendiri gitu lah. Ada yang kaget, bingung, macam-macam reaksinya. Tapi setelah udah dijalani prosesnya, kangen kalau saya belum ke kampus," terang Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

1. Reza Rahadian kangen sama siapa sih di kampus?

Dipercaya menjadi salah satu tenaga pengajar tak ubahnya menjadi pengalaman tersendiri bagi Reza Rahadian. Pasalnya selama ini ia aktif dalam dunia seni peran. Bahkan pernah mencoba terjun ke dunia tarik suara dengan berduet bersama Yura Yunita.

Diakuinya, mengajar memberikannya pengalaman yang unik. Sampai-sampai ia merasa kangen kalau belum ke kampus. Kangen sama siapa sih Reza Rahadian?

"Kangen sama mahasiswanya. Proses yang paling lucu adalah saya bisa punya pengalaman di rumah. Biasanya kalau saya pulang, saya pelajari skrip di tengah waktu yang luang, sekarang saya harus memeriksa tugas-tugas yang saya kasih ke mahasiswa. Biasanya ada berlembar-lembar udah numpuk, harus diperiksa dan dikerjain. Proses itu menyenangkan sekali!" sambungnya.

2. Siapkan materi perkuliahan

Unik, bikin kangen, dan menyenangkan. Dilihat dari penjabarannya, Reza Rahadian amat menikmati kesempatannya mengajar. Bahkan saat di rumah pun ia tetap menyempatkan diri untuk berkutat dengan dunia mengajar, sebut saja materi mata kuliah.

"Kalau untuk ngajar, materi itu sebenarnya udah disiapkan oleh kampus, jadi guidlinenya udah ada. Karena saya seorang praktisi, bukan akademisi, maka yang mereka butuhkan adalah pengalaman langsung di lapangan. Misalnya, ada yang suka sama dunia jurnalistik. Mereka mempelajari tentang kode etik jurnalistik, lalu tiba-tiba saya mendatangkan sumber seorang jurnalis yang mereka bisa langsung sharing. Terus saya ajak juga talkshow yang populer dengan kualitas yang baik, saya ajak semua mahasiswa saya. Lihat prosesnya gimana, langsung di tempat itu. Itu benefit yang saya punya, mereka bisa memanfaatkan itu. Saya selalu bilang sama mereka manfaatkanlah kuliah 
ini dengan sebaik-baiknya. Apa yang pingin kalian dapat? Karena saya bisa menawarkan beberapa hal yang bisa saya lakukan," tutup Reza Rahadian menjelaskan.


REKOMENDASI
TRENDING