Rokok, Penyebab Sam Bimbo Dirawat Seminggu di Rumah Sakit

Rabu, 13 April 2016 09:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Rokok, Penyebab Sam Bimbo Dirawat Seminggu di Rumah Sakit Sam Bimbo © KapanLagi.com®/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Sudah hampir seminggu ini musisi senior Samsudin Hardjakusuma atau yang lebih dikenal sebagai Sam Bimbo dirawat di Rumah Sakit Asri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Menurut Sam, penyebab dirinya dirawat adalah karena gaya hidup yang kurang sehat, yakni merokok.

"Sakit saya disebabkan oleh waktu muda merokok. Saya merokok sekitar hampir 20 tahun. Saya mengiklankan produk rokok 12 tahun. Dapat rokok itu semaunya. Akibatnya baru terasa sekarang. Jadi ada saluran pernapasan, lambung sampai ke leher terganggu semua dan biasanya terganggu saat usia semakin tua," saat ditemui di Rumah Sakit Asri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada hari Selasa (12/4).

Selain itu, kegiatan Sam yang cukup padat juga membuat dirinya kurang istirahat. Walhasil, faktor kelelahan juga jadi salah satu penyebab kondisinya ngedrop. Beruntungnya, Ia tidak memiliki catatan sakit kanker sebelumnya.

"Dan kebetulan frekuensi pekerjaan saya cukup ketat. Saya dan rekan sedang sibuk untuk meng-collect hasil musik yang kacau balau. Tahun ini sistemnya akan lebih baik. Saya sedang rapat terus menerus. Itu mungkin kecapekan. Virus masuk. Saya tidak ada kanker atau penyakit paru-paru basah. Saya selalu tidur tepat waktu. Ini hanya karena faktor kecapekan," jelas Sam.

Gara0gara rokok, Sam dirawat di RS © KapanLagi.com®/Budy SantosoGara0gara rokok, Sam dirawat di RS © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Menurut Direktur RS Asri, Ir. Hardjoko Sastromidjojo, penyakit Sam sudah ditangani oleh dokter spesialis paru dan hasilnya menunjukkan tidak ada penyakit yang serius. Hardjoko membenarkan jika rokok adalah salah satu penyebab kenapa Sam bisa sampai drop.

"Sudah ditangani oleh dokter spesialisasi paru. Kami berusaha memberikan service excellent dari rumah sakit kepada beliau. Jadi tak ada kaitan dengan penyakit khusus, itu akibat dari lama merokok dan kecapekan. Tidak ada isu-isu penyakit khusus bahkan isu beliau wafat. Hanya karena umur yang sudah 74 dan kecapekan. Sisa-sisa dulu merokok barangkali, juga karena asam lambung," tutup Hardjoko.

(kpl/rhm/gtr)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING