Variety Show dan Sinetron Memperburuk Kepribadian Bangsa

Selasa, 23 Juni 2015 07:15 Penulis: Rahmi Safitri
Variety Show dan Sinetron Memperburuk Kepribadian Bangsa © istimewa
Kapanlagi.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri di sembilan kota besar di Indonesia belum lama ini telah melakukan Survei Indeks Kualitas Program Televisi. Hasil tersebut, tayangan yang paling disukai oleh masyarakat variety show dan sinetron. KPI menilai variety show dan sinetron tidak memiliki kualitas yang tinggi.

Hal ini mengacu pada indikator-indikator yang sudah ditetapkan dan merujuk pada tujuan diselenggarakan penyiaran seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran.
Di antaranya ialah membentuk watak, identitas, dan jati diri bangsa Indonesia yang bertakwa dan beriman, menghormati keberagaman, menghormati orang dan kelompok tertentu, tidak memuat kekerasan, tidak bermuatan seksual dan tidak bermuatan mistik, horor, dan supranatural.

Variety show Indonesia dinilai tak mendidik © ANTVVariety show Indonesia dinilai tak mendidik © ANTV

"Dari indikator-indikator tersebut, program variety show dan sinetron ini memiliki kualitas yang rendah," kata Judhariksawan, Ketua KPI Pusat, saat ditemui di Kantor KPI Pusat Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (22/6).

Dalam survei tersebut, KPI menguji kualitas tiga program sekaligus, yakni berita, variety show, dan sinetron. Hasil tersebut, program berita, memiliki indeks kualitas yang lebih tinggi dari variety show dan sinetron.

Namun itu semua masih tetap di bawah standar kualitas yang ditetapkan oleh KPI. Untuk itu, Judha meminta untuk membenahi sinetron tersebut. Walaupun sinetron itu paling banyak penontonnya.

"KPI tidak akan membiarkan masyarakat dicekoki dengan tayangan-tayangan yang tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas kepribadian bangsa," tandas Judha. Well, setuju nggak kamu dengan pendapat KPI?

(kpl/far/pit)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING