10 Program Televisi Paling Berkualitas Versi KPI, Apa Saja?

Senin, 22 Juni 2015 23:15 Penulis: Guntur Merdekawan
10 Program Televisi Paling Berkualitas Versi KPI, Apa Saja? Ini Talk Show / KapanLagi® - Budy Santoso
Kapanlagi.com - Sebuah Survei baru saja dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menentukan indeks kualitas tayangan di stasiun TV Indonesia. Survei yang juga dilakukan oleh sembilan Perguruan Tinggi Negeri besar di Indonesia ini membagi tayangan televisi di Indonesia dalam kategori 3 utama, yakni berita, variety show, dan sinetron.

Hasilnya, dari tiga program tersebut, kategori berita memiliki indeks kualitas yang paling tinggi dibandingkan variety show dan sinetron. Menurut Judhariksawan, Ketua KPI Pusat, survei ini dilakukan untuk menilai acara yang berkualitas selama sebulan terakhir. Apa saja itu?

"Kick Andy, Mata Najwa, Indonesia Lawyers Club, My Trip My Adventure, On the Spot, Hitam Putih, Laptop si Unyil, Mario Teguh, Liputan 6, dan Ini Talkshow," kata Judhariksawan, Ketua KPI Pusat, saat ditemui di Kantor KPI Pusat Jalan Gajah Mada, Jakpus, Senin (22/6).

Lebih jauh, Judha menyebut jika penelitian ini lebih fokus pada kualitas program televisi yang disajikan. Sementara itu, responden yang diambil dari survei ini adalah para pemirsa 'pilihan' yang dianggap punya kualitas lebih dalam menilai kelayakan sebuah program siaran televisi.

Mata Najwa, salah satu program yang dianggap berkualitas oleh KPI / KapanLagi®Mata Najwa, salah satu program yang dianggap berkualitas oleh KPI / KapanLagi®

"Tidak semua program televisi akan dinilai, hanya akan diambil sample program siaran. Agar hasil penilaian para ahli dinilai valid, para ahli terlebih dahulu menonton program acara sebelum melakukan penelitian. Penelitian ini dirancang secara panel (longitudinal) menyertakan responden yang sama dari waktu ke waktu lain," sambung Judha.

Sampel dari penelitian ini sendiri adalah tayangan yang disiarkan di 15 stasiun televisi nasional seperti Antv, Global, Indonesia, MetroTV, MNCTV, RCTi, SCTV, TramsTV, Trans7, TVOne, TVRI, RTV, Sindo TV, Kompas Tv dan Net pada pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB selama dua bulan ke belakang.

Penelitian ini melibatkan 90 ahli di 9 kota besar Indonesia, di mana rasio jenis kelamin responden adalah 50% laki-laki dan 50% perempuan. Profesi mereka sendiri cukup bervariasi, mulai dari aktivis/LSM, mahasiswa, tokoh agama, tokoh muda, tokoh adat, tokoh masyarakat, birokrat, wartawan, karyawan swasta, TNI/Polri, dan wakil rakyat.

Kalau tayangan TV paling favorit kalian apa nih? Tulis komentarmu di bawah ya! :)

(kpl/far/gtr)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING