in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Asal Mula Nama Didi Kempot, Begini Cerita dari The GodFather of Broken Heart

Jum'at, 16 Agustus 2019 15:30 Penulis: Rahmi Safitri

Didi Kempot © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Didi Prasetyo atau yang lebih dikenal Didi Kempot adalah seorang penyanyi campursari asal Solo, Jawa Tengah. Sekarang ini namanya kembali terkenal setelah ia dijuluki sebagai Lord Didi Kempot The GodFather Of Broken Heart dengan tembangnya yang fenomenal seperti Suket Teki, Sewu Kuto, Cidro, dan Stasiun Balapan.

Indosiar yang menggelar konser bertajuk 'DIDI KEMPOT THE GODFATHER OF BROKEN HEART' di studio 5 Indosiar, Jakarta Barat, (15/8) Kamis malam. Konser tersebut dipandu oleh host, Irfan Hakim, Gilang Dirga, dan Ramzi. Tentunya konser Didi Kempot menghadirkan momen seru yang terjadi di atas panggung.

1. Asal Mula Nama Didi Kempot

Didi Kempot juga sempat curhat lho, termasuk drama dari lagu Cidro. Tapi ada satu momen yang sangat tak terlupakan bagi para Sadboise dan Sadgerls, yaitu ketika Gilang Dirga menanyakan bagaimana ceritanya nama Didi Kempot mulai digunakan.

"Kempot itu artinya Kelompok Penyanyi Trotoar, hahaha. Itu nama kelompok saya waktu masih ngamen di jalanan," ucap Didi.

2. Kisah Didi ke Jakarta

Ternyata Didi Kempot yang mengawali karir musiknya di jalanan bersama teman-temannya yang mereka namai Kelompok Musik Trotoar disingkat Kempot. Jadi Didi bersama teman-temannya pada tahun 1985 memulai debut dalam bermusik. Saat mengamen di trotoar jalanan Ibu Kota itulah mereka menamai kelompoknya dengan nama KEMPOT.

Selain itu, Didi Kempot juga menceritakan motivasi awalnya datang ke Jakarta untuk mengadu nasib karena melihat sang kakak, almarhum Mamiek Prakoso sudah muncul di TV. Dari situlah rasa iri dan ingin seperti kakaknya membuat Didi bersama Kelompok Musik Trotoar datang ke Jakarta waktu itu.

3. Terinspirasi Kakak

"Dulu aku datang ke Jakarta, Mas Mamiek udah duluan di sini. Nah karena ngelihat kakak udah muncul di televisi waktu itu, wah rasa iri muncul, karena terlahir dari satu rahim ibu tercinta, tak susul kakak ke Jakarta," tuturnya.

Lagu Cidro yang menjadi debut awalnya di industri musik tanah air ternyata juga tercipta ketika ia masih aktif ngamen bersama Kelompok Musik Trotoar. Ketika ia mulai terkenal lewat lagu Cidro, Didi Prastyo akhirnya menggunakan nama Kempot sebagai nama panggungnya.

Sejak saat itulah kita kenal dengan Didi Kempot!


REKOMENDASI
TRENDING