in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Bertambah Satu Negara, Kompetisi DA Asia 5 Semakin Menarik

Kamis, 17 Oktober 2019 14:15 Penulis: Canda Permana

DA 5 Asia © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Eksistensi musik dangdut saat ini tidak hanya digemari masyarakat Tanah Air saja, tetapi juga merambah ke mancanegara. Oleh sebab itu, dengan bangga Indosiar kembali menghadirkan program kompetisi menyanyi terbesar di Asia, Dangdut Academy Asia 5 (DA Asia 5).

Tahun ini DA Asia semakin menarik dengan bertambahnya satu negara yang akan ikut berkompetisi, yaitu Filipina.

"Bergabungnya Filipina ke DA Asia 5 membuktikan dangdut benar-benar sudah tersebar bahkan ke bangsa yang bahasa tuturnya bukan bahasa Indonesia atau Melayu," ujar Ekin Gabriel selaku VP-PSRD Division Head Indosiar di Kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (16/10).

1. Kirimkan Perwakilan 5 Peserta

Di DA Asia 5 ini, Filipina juga mengirimkan 5 perwakilannya melengkapi 30 kontestan dari 6 negara lainnya yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan tentunya Indonesia.

Untuk peserta yang mewakili Indonesia adalah mereka pemenang dari ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA), yakni Faul, Randa, Puput, dan Sheyla. Satu peserta lagi, Maria Calista merupakan pemenang dari kompetisi Dangdut Academy Celebrity.

"Semoga kita nanti bisa menamapilkan yang terbaik dan Indonesia kembali meraih juara," ucap Sheyla salah satu peserta dari Indonesia.

2. Juri 7 Negara

Untuk penjurian, peserta DA Asia 5 akan dinilai langsung oleh juri perwakilan dari tujuh negara yang sudah lama berkecimpung di dunia musik. Mereka adalah Hans Anuar -DJ Daffy dari Brunei Darussalam, Hetty Koes Endang- Hendro Saky dari Indonesia, Zul 2by2 - Man Tabla dari Malaysia, Mayuni Omar dari Singapura, Kerry the Halabala - Fendi dari Thailand, Didinho dari Timor Leste, dan Jett Pangan dari Filipina.

Selain juri para konstestan juga akan diberikan kritik dan saran dari para komentator andal dibidang musik dangdutt antara lain Rita Sugiarto, Soimah, Inul, Daratista, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik dan juga juara 1 Dstar Fildan serta juara 3 D star Reza.

3. DA Asia 5 Dimulai 21 Oktober 2019

Ada juga komentator yang berasal dari negara peserta, yakni Mienan Yunos (Brunei darussalam), Masidayu (Malaysia), Gino Pradila ( Filipina) Rosalina Musa( Singapura) Kun Yee (Thailand) dan Mitu Frietas (Timor Leste).

DA Asia 5 akan mulai tayang 21 Oktober 2019 dengan pembawa acara Ramzi, Gilang Dirga, Irfan Hakim dan Jirayut.

"Semoga semua penonton melihat bagaimana musik dangdut bisa menyatukan semua negara di asia tenggara dan semoga tayangan ini bisa menghibur pemirsa baik di Indonesia maupun Asia," tutup Ekin.

(kpl/dan/CDP)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING