in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Konser Grup 9 Top 36 LIDA 2019, Jojo Duta Sumatera Selatan Tersenggol

Selasa, 12 Maret 2019 09:30 Penulis: Louvina Gita

Grup 9 Top 36 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak akhir 36 besar. Semalam, Senin (11/3), giliran grup 9 yang merupakan grup terakhir yang ada di babak 36 besar, bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

Mereka adalah Agus (Gorontalo), Diyan (Kalimantan Barat), Hanan (Jawa Barat), dan Jojo (Sumatera Selatan). Setelah diacak urutan tampil, Diyan menjadi peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama.

1. Hanan Sapu Bersih

Diyan tampil membawakan lagu berjudul Ghibah. Upayanya untuk memikat dewan juri panel provinsi dan pemirsa, lewat suaranya yang merdu dengan koreografi yang indah, tak sia-sia. Penampilannya yang memukau diganjar seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi.

“Malam hari ini kamu sukses, percaya diri kamu bagus bagi saya tidak mudah bernyanyi menggunakan koreo. Hanya saja tinggal gesture kamu yang harus diperbaiki agar lebih baik lagi,” ucap vokalis Five Minutes, Richi.

Usai Diyan, giliran Hanan unjuk kemampuan. Membawakan lagu berjudul Iming Iming, Hanan juga sukses menyapu bersih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi. Bahkan wanita yang memiliki penampilan eksentrik ini, meraih apresiasi berupa dua standing ovation dari Nassar dan Richi .

“Progress kamu bagus, kamu cerdas, belajar dari penampilan kamu sebelumnya. Aura kamu juga berbeda dengan yang lain, bahasa tubuh kamu, seksi,:” puji Inul Daratista saat mengomentari penampilan Hanan.

2. Jojo Seperti Membaca

Agus menjadi penampil ketiga. Penampilannya dalam membawakan lagu berjudul Seperti Mati Lampu, meraih satu standing ovation dari Nassar. Saat penilaian, ia nyaris meraih nilai sempurna, yakni empat lampu dukungan dari juri dan empat lampu panel provinsi. Hanya satu juri, yakni yang memberikannya lampu merah.

“Ada beberapa bagian yang tidak enak didengar dan ada bagian yang salah lirik. Di improvisasi power kamu kurang tinggi. Namun begitu saya suka dengan suara kamu,” ujar Zaskia Gotik

Usai Agus, giliran Jojo unjuk kemampuan. Penampilannya membawakan lagu berjudul Boleh Saja, hanya meraih lampu dukungan dari panel provinsi saja. Seluruh juri tidak ada satupun yang memberinya lampu biru alias lampu dukungan.

“Saya tidak melihat penampilan yang istimewa dari kamu. Di beberapa bagian cengkok kamu tidak pas dan kamu membawakan lagu ini seperti membaca,” ucap Inul Daratista mengomentari penampilan Jojo.

3. Pengumuman Skor Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang akan menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019. Mereka pun terlihat tegang. Sebab polling dari pemirsa yang ditutup usai acara, sangat menentukan perjalanan mereka.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Diyan dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 7,14. Sedangkan dari pemirsa sebesar 16,56. Setelah digabungkan, Diyan meraih total nilai 24,95.

4. Nilai Masing-Masing Peserta

Kemudian nilai yang diperoleh Hanan dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 7,14. Dari pemirsa sebesar 22,60. Setelah digabungkan, Hanan meraih total nilai 30,99.

Agus yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,71. Dari pemirsa sebesar 17,39. Setelah digabungkan, Linda meraih total nilai 24,36.

Jojo yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 0,00. Dari pemirsa sebesar 18,45. Setelah digabungkan, Jojo meraih total nilai 19,70.

5. Jojo Terbawah

Dengan demikian Hanan berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 30,99 menyusul Diyan dengan total nilai 24,95. Kemudian Agus berada di posisi ketiga dengan total nilai 24,36 dan Jojo berada di posisi terbawah dengan total nilai 19,70.

Sebagai peraih nilai terendah, Jojo pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING