in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 5 Top 36 Konser LIDA 2019: Haji Duta Provinsi Bengkulu Tersenggol

Jum'at, 08 Maret 2019 12:40 Penulis: Mita Anandayu

LIDA 2019 © Indosiar

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 36 besar. Persaingan antara peserta pun semakin sengit. Sudah empat peserta gugur di babak 36 besar. Semalam, Kamis (7/3), Delila duta provinsi Bengkulu yang tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 pun harus terhenti.

Tersenggolnya Haji lantaran meraih total nilai terendah. Haji yang berada di grup 5 top 36, bersaing dengan Ebi (Jambi), Rian (Kalimantan Utara), dan Vita (Lampung). Mereka bersaing untuk mengharumkan daerah provinsi masing-masing.

1. Haji Dinilai Gagal Bawakan Lagu Rhoma Irama

Haji menjadi peserta pertama yang tampil. Membawakan lagu berjudul Euphoria, Ebi tak berhasil memikat hati seluruh dewan juri. Ia hanya meraih dua lampu biru dari juri, sedangkan tiga juri lainnya memberikannya lampu merah. Sementara empat lampu dukungan dari panel provinsi diraihnya.

Melly Goeslow selaku juri tamu, menilai Haji gagal dalam melantunkan lagu milik H. Rhoma Irama tersebut. “Kamu gagal di setiap intervalnya dan kamu harus memiliki ciri khas sendiri dalam bernyanyi,” tutur Melly Goeslow saat mengomentari penampilan Haji.

2. Ebi Lakukan Kesalahan

Usai Haji, giliran Ebi unjuk kemampuan. Tak ingin tersenggol, Ebi mencoba mengerahkan segenap kemampuannya dalam melantunkan lagu berjudul Katanya yang dipopulerkan Mansyur S. Hasilnya, empat lampu panel provinsi dan empat lampu biru dari juri diraihnya.

Soimah yang memberi lampu merah, melihat Ebi melakukan kesalahan sehingga dirinya enggan untuk memberi lampu biru. “Di awal gaya kamu masih diam, kontrol kamu juga lepas, ada lirik yang kebalik dan saya belum melihat ada sesuatu yang baru dari Ebi,” ujar Soimah.

Inul Daratista pun melihat kekurangan Ebi dalam segi ekspresi dan kontrol suara. Namun ia memberikan Ebi lampu Biru lantaran melihat ada kelebihan dari Ebi. “Power kamu bagus dan cara kamu bernyanyi pun berdinamika. Tapi kamu jangan terlalu diam, eskpresi kamu harus dimainkan dan kamu harus tetap fokus pada suara agar tidak lepas kontrol,” ucapnya.

3. Vita 'Hipnotis' Juri

Vita, satu-satunya peserta perempuan di grup 5, tak mau kalah saing dengan Ebi, Haji dan Rian. Ia yang menjadi penampil ketiga, berupaya menghipnotis juri, panel provinsi dan pemirsa lewat lagu berjudul Sunyi. Hasilnya, seluruh juri dan panel provinsi terpesona dengan keindahan suaranya. Seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi pun menyala untuknya.

“Dari look kamu sudah terlihat seperti bintang, penghayatan kamu pun sangat baik dan saya sangat menikmati penampilan kamu mala mini,” ujar Zaskia Gotik memuji penampilan Vita.

4. Penampilan Rian Tak Sesuai dengan Lagu

Rian menjadi peserta terakhir yang tampil. Ia meraih tiga lampu biru dari juri dan empat lampu dukungan dari panel provinsi usai membawakan lagu berjudul Azza. Menurut Nassar, ada beberapa kekurangan dari Rian saat menyanyikan lagu dari H. Rhoma Irama tersebut sehingga dirinya enggan memberi lampu biru.

“Kamu bernyanyi tidak kawin dengan lagunya, dari stage act nya pun kamu tidak sesuai dengan lagu,” ujarnya.

5. Hasil Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta yakni pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira sebesar 75 persen.

Berdasar nilai gabungan dari ketiga elemen tersebut, Vita meraih skor akhir tertinggi dengan total nilai 28,90, menyusul Ebi dengan total nilai 28,77. Kemudian Rian berada diposisi ketiga dengan total nilai 24,50 dan Haji berada di posisi terbawah dengan total nilai 13,73.

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/mit)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING