INTERNASIONAL

'AFTER.LIFE', Persiapan Menuju Kehidupan Selanjutnya

Rabu, 23 Maret 2011 17:13  | 

Christina Ricci


'AFTER.LIFE', Persiapan Menuju Kehidupan Selanjutnya
İAnchorBayEntertainment





KapanLagi.com - Pemain: Christina Ricci, Liam Neeson, Justin Long

Rating:

2 star2 star

Oleh: Fatchur Rochim

Sinopsis
Tak banyak yang bisa diingat Anna Taylor (Christina Ricci). Yang selalu terbayang di benaknya adalah sebuah kecelakaan dahsyat dan setelah itu tak ada lagi yang ia ingat. Ketika membuka mata, di depan Anna hanya ada Eliot Deacon (Liam Neeson) yang ternyata adalah seorang pengurus jenazah.

Eliot berusaha meyakinkan Anna jika ia sudah meninggal dan saat ini Eliot sedang mempersiapkan jasad Anna untuk dikebumikan. Tak bisa menerima penjelasan yang sulit diterima akal itu, Anna mulai ketakutan. Menurut Eliot, ia punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal dan tak ada orang yang bisa membantu Anna kecuali Eliot. Anna harus menerima kenyataan itu dan bersiap melangkah ke alam berikutnya.

Di saat yang bersamaan, Paul Coleman (Justin Long), kekasih Anna, masih tak bisa percaya kalau Anna sudah tiada namun entah mengapa Paul merasa ada yang tidak beres dengan Eliot. Paul yakin kalau ada rahasia yang tak diceritakan Eliot. Paul berusaha meyakinkan polisi bahwa Anna masih hidup tapi semakin Paul berusaha semakin pula orang-orang yakin kalau Paul sudah mulai kehilangan kewarasan. Bisa jadi Paul memang tak bisa menerima kenyataan namun bisa jadi pula Anna sebenarnya masih hidup.

Review
Sejak awal, pertanyaan yang muncul adalah, "Apakah Anna hidup atau sudah mati?" Dan sampai film berdurasi sekitar seratus menit ini berakhir, tetap saja pertanyaan yang sama yang menghantui penonton. Sepertinya sutradara Agnieszka Wojtowicz-Voslo memang tak ingin memberikan jawaban dari pertanyaan itu. Menjengkelkan memang, terutama jika Anda termasuk orang yang tak ingin dibiarkan 'terkatung-katung'.

Untuk sebuah film thriller/ horror seperti ini formula itu memang bukan sesuatu yang aneh. Beberapa film sejenis memang memanfaatkan rasa penasaran itu untuk membuat penonton lebih 'terikat' pada alur kisah. Menariknya lagi, untuk sebuah film horror, AFTER.LIFE ini termasuk unik. Hampir sepanjang film kita disuguhi 'filosofi' tentang hakikat kehidupan dan kematian. Tak banyak film yang memasukkan cukup banyak unsur drama seperti ini.

Dari sisi akting, bisa dikatakan AFTER.LIFE ini adalah filmnya Liam Neeson meskipun Christina Ricci dipasang sebagai karakter utama dalam film ini. Karakter yang diperankan Neeson memang lebih menonjol. Di saat sebagian besar karakter utama terlihat panik dan emosional, karakter yang diperankan Neeson justru sangat tenang nyaris tanpa emosi sama sekali. Film ini memang film yang ambigu. Tak pernah jelas apakah sosok Anna benar-benar mati atau tidak. Tidak pernah jelas juga apakah Eliot benar-benar bisa berkomunikasi dengan orang yang telah mati atau ia hanyalah seorang pembunuh berantai dengan modus yang kompleks.(kpl/roc)

Genre:Horror
Release Date:November 7, 2009
Director:Agnieszka Wojtowicz-Vosloo
Script:Agnieszka Wojtowicz-Vosloo, Paul Vosloo, Jakub Korolczuk
Producer:Bill Perkins, Brad Michael Gilbert, Celine Rattray
Distributor:Anchor Bay Entertainment
Duration:104 minutes
Budget:US$4.5 million
Official Site:www.afterlifethefilm.com
Trailer Film AFTER.LIFE

Lihat Trailer Lainnya | Film Minggu Ini