KOREA

Kisah Terbentuknya @EXOUnionIna, Selalu Persembahkan yang Terbaik Saat EXO Datang ke Indonesia

Minggu, 22 Desember 2019 09:15 Penulis: Rahmi Safitri

(cr: Istimewa)

Kapanlagi.com - Para penggemar K-Pop pastinya sudah tahu kalau ada perkumpulan fans-fans yang sering memberikan update atau mengadakan event yang berhubungan dengan idola mereka. Biasanya perkumpulan ini disebut fanbase. Begitu juga pastinya dengan penggemar EXO di Indonesia.

EXO-L Indonesia punya satu unit gabungan fanbase-fanbase yaitu EXO Union Ina yang aktif banget di berbagai media sosial. Buat yang nonton konser EXO, pastinya sudah hafal banget dengan fanbase yang selalu hadir untuk mengadakan project.

KapanLagi Korea berkesempatan ngobrol dengan admin-admin dari @EXOUnionIna di event Kapanlagi EXO-L Playground yang diadakan di Illua Soju Box, Sabtu (21/12/2019). Di sini salah satunya mereka cerita bagaimana awal terbentuknya EXO Union Ina yang jadi kepercayaan EXO-L Indonesia kalau untuk urusan project.

1. Terbentuk di 2014

EXO Union Ina terdiri dari penggemar yang sudah menyukai EXO sejak mereka debut di tahun 2012. Mereka membuat fanbase masing-masing di Twitter. Saat EXO akan menggelar konser di Indonesia pada 2014 lalu, mereka lalu mengirim perwakilan per fanbase untuk bergabung ke dalam EXO Union Ina.

"Memang tujuan utamanya adalah membuat perwakilan Indonesia ngebuat project kalau EXO datang ke Indonesia. EXO Union Ina sendiri itu bagian yang bikin project lah intinya," kata perwakilan EXO Union Ina yang mengaku saat bikin project mereka kerjasama dengan promotor yang mendatangkan idola mereka ke Indonesia.

2. Project Buat EXO

EXO sudah tiga kali konser di Indonesia, yaitu pada 2014, 2016, dan 2019. Di setiap konser itu EXO Union Ina membuat project yang berbeda-beda. Tapi yang pasti selalu ada handbanner bertuliskan perasaan EXO-L Indonesia buat Suho dkk. Di 2014, mereka membuat project antara lain food support.

"Tahun selanjutnya (EXO'luxion Jakarta 2016) kita kerjasama sama Mecimapro. Kita bikin (project) namanya Missing For You. Kita bikin handbanner 'Terima Kasih EXO, kita harus ketemu lagi' dalam bahasa Korea," jelas mereka.

3. Project Buat EXplOration Jakarta

EXO Union Ina memang khusus membuat project saat idola mereka datang ke sini. Untuk project lain di luar kedatangan EXO, mereka memberikan kesempatan kepada fanbase lain untuk membuat kegiatan sendiri, baik itu buat tiap member atau semuanya. EXO Union Ina pun juga bilang di tiap project yang mereka buat biasanya kerjasama dengan fanbase member tertentu. Untuk konser EXplOration Jakarta lalu mereka bersama dengan Project Dua Tujuh membuat proyek buat ultah Chanyeol.

"Di project terakhir (buat EXplOration Jakarta 2019) kita kerjasama sama (promotor) Dyandra lagi, itu judulnya 'We are Still Here'. Dua tahun sebelumnya kan pesannya 'Terima Kasih EXO, Kita Harus Ketemu Lagi', tapi kita nggak didatengin lagi. Pas didatengin lagi, kita bikin heartfelt sih, 'Hati Kita Nggak Berubah, Kami Masih di Sini'," jelas EXO Union Ina sambil menyebut kalau mereka juga punya project dresscode merah putih.

4. Antusiasme EXO-L

EXO Union Ina mengaku ada beberapa influencer di tim mereka yang pastinya sudah tak asing lagi di kalangan fans K-Pop Indonesia. Mereka juga mengaku ada event-event lain yang dibuat dengan biaya sampai ratusan juta. Biaya itu biasanya didapat dari jualan goodies limited edition.

"Jadi fandom kita tuh bener-bener yang mau berpartisipasi banget gitu, kayak mau sampai di mana-mana tuh pasti dijabanin. Mereka tuh takut banget (ketinggalan). Kayak misalnya kita bikin goodies buat charity, goodies itu nggak akan kita cetak lagi," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING