KOREA

Punya Karya Luar Biasa, Inilah 7 Idol Korea yang Ciptakan Lagu Mereka Sendiri

Kamis, 23 April 2020 12:55 Penulis: Dhia Amira

Zico, RM, Donghae (credit: instagram.com/woozico0914; instagram.com/bighit_ent; instagram.com/superjunior)

Kapanlagi.com - Menjadi idol K-pop di industri hiburan Korea bukanlah hal yang mudah. Mereka harus menjalani training hingga bertahun tahun dan latihan yang sangat keras hanya untuk berada di posisi saat ini.

Tak heran bila mereka semua menjadi idol-idol yang sangat siap untuk berkarya dan bersaing di industri hiburan Korea. Ada pula di antara para Idol Korea yang menciptakan lagu mereka sendiri bahkan untuk dinyanyikan orang lain.

Tentu saja karya yang mereka hasilkan juga menjadi karya yang luar biasa di pasaran. Dan beberapa dari karya mereka yang dibawakan oleh orang lain ikut melejit pula. Tak hanya memiliki visual yang baik serta kemampuan di atas panggung saja, tetapi para idol ini juga sangat berbakat dalam menciptakan sebuah karya seni berupa musik yang luar biasa.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber inilah 7 idol Korea yang menciptakan lagu sendiri dengan luar biasa, siapa tahu ada bias kalian di sini.

 

 

1. G-Dragon BigBang

Idol Korea yang menciptakan lagu mereka sendiri yang pertama yaitu G-Dragon. Banyak yang sudah tahu bahwa G-Dragon merupakan member dari BigBang yang merupakan seorang rapper dan juga penyanyi di dalam grup BigBang. G-Dragon bukan hanya dapat membuat lagu tetapi ia juga seorang produser musik di YG Entertaiment.

Telah banyak lagu yang ia ciptakan dan sukses di pasaran Korea bahkan International. Lagu-lagu tersebut antara lain Fantastic Baby, Good Boy, Untitled 2014, I Miss You So Bad dan masih banyak lagi. Lagu Fantastic Baby merupakan lagu yang sangat hits yang telah ditonton sebanyak 400 juta kali pada tahun 2014. Fantastic Baby juga menjadi lagu dari grup K-Pop yang menduduki tangga lagu Billboard terlama, selama lebih dari 100 pekan.

Lalu pada Maret 2018, lagu ini masuk dalam jajaran 100 besar lagu boyband terbaik sepanjang masa yang dipilih oleh kritikus musik versi Billboard Amerika dengan menempati urutan ke-27. Dilanjutkan dengan karyanya yaitu Good Boy yang juga pernah masuk dalam posisi nomor 1 di tangga lagu Billboard World Digital Songs.

Dan lagu solo miliknya yang berjudul Untitled 2014 yang tidak kalah luar biasa. Tak hanya membuat lagu untuk sendiri dan juga grup BigBang, ternyata G-Dragon juga membantu dalam pembuatan lagu milik boyband Ikon yang berjudul I Miss You So Bad.

2. Zico Block B

Sama seperti G-Dragon, Zico juga merupakan seorang rapper serta penyanyi di dalam grup Block B. Zico merupakan idol Korea yang menciptakan lagu sendiri serta untuk orang lain. Lagu-lagu yang di ciptakan oleh Zico juga selalu hits dan selalu masuk dalam posisi tangga lagu Korea.

Lagu-lagu buatan Zico tersebut antara lain, Well Done, Boys and Girls, serta Money Flow. Lagu-lagu tersebut sukses dan masuk dalam tangga lagu musik Korea. Zico juga membuatkan lagu untuk girl grup F(x) yang berjudul Traveler serta lagu duet yang dinyanyikan pada tahun 2016 berjudul I Am You, You Are Me bersama dengan Luna F(x) dan memuncaki enam tangga lagu online Korea saat dirilis.

Pada tahun 2020 tepatnya tanggal 13 Januari Zico merilis lagu baru yang ia buat sendiri dengan judul Any Song. Pada saat ini lagu Any Song sudah ditonton sebanyak 14 juta kali di YouTube serta menjadi lagu yang cukup populer tak hanya di Korea tetapi juga mancanegara.

3. Donghae Super Junior

Selanjutnya, idol Korea yang menciptakan lagu sendiri datang dari salah satu member Super Junior yaitu, Lee Dong Hae. Tak hanya menjadi seorang main dancer, penyanyi, rapper, model dan juga aktor ia juga ternyata dapat membuat lagu dan menjadi seorang produser.

Lagu-lagu tersebut dinyanyikan oleh grupnya Super Junior serta teman duetnya yang juga member dari Super Junior Eunhyuk. Lagu-lagu yang dibuat oleh Donghae antara lain First Love, One More Chance, Rock Your Body, Bout You, Growing Pains, Danger dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Donghae juga membuat lagu untuk OST. drama seperti, drama IT'S OKAY DADDY'S GIRL pada tahun 2010, SKIP BEAT! dan MS. PANDA AND MR. HEDGEHOG pada tahun 2012, serta TOP MANAGEMENT pada tahun 2018. Untuk lagu One More Chance sendiri sudah di tonton lebih dari 25 juta kali di YouTube. Dan tidak itu saja lagu Danger yang dibuat oleh Donghae telah menempati posisi pertama di KKBOX Taiwan dan chart musik online Jepang untuk waktu yang cukup lama.

4. Jinyoung B1A4

Jinyoung yang merupakan penyanyi, penulis lagu dan produser ini telah banyak membuat karya luar biasa untuk industri musik hiburan Korea. Jinyoung telah banyak membuat lagu-lagu untuk B1A4 seperti Do You Remember, Rollin, Sweet Girl dan masih banyak lagi.

Bukan itu saja Jinyoung juga menciptakan lagu untuk idol lain seperti lagu One Step Two Steps milik Oh My Girl, lalu ada lagu When Cherry Blossoms Fade yang dinyanyikan oleh 101, Misty Road milik penyanyi BEN dan masih banyak lagi.

Walaupun Jinyoung belum masuk sebagai idol senior, tetapi Jinyoung dapat membuktikan bahwa ia juga tak kalah hebat dalam membuat dan memproduseri sebuah lagu. Itulah mengapa Jinyoung masuk dalam daftar idol yang dapat membuat serta memproduseri lagu sendiri.

5. RM BTS

Tak hanya sukses dalam dunia panggung, ternyata RM juga sukses dalam membuat lagu serta memproduseri lagu-lagu tersebut. RM merupakan rapper utama dalam grup band BTS dan juga telah memiliki beberapa karya solo terbaiknya. Tentu saja lagu-lagu yang dibuat oleh RM sangat hits di pasaran Korea hingga mancanegara.

Lagu-lagu tersebut antara lain IDOL, Fake Love, DNA, Boy With Luv dan masih banyak lagi. Total lagu yang telah dibuat oleh RM saat ini berkisar kurang lebih 160 lagu. Seperti lagu BTS yang dibuat oleh RM berjudul DNA yang telah mencapai 961 ribu penonton di Youtube.

Lalu ada lagu Boy With Luv yang merupakan lagu kolaborasi BTS bersama penyanyi Amerika Halsey dengan penonton YouTube sebesar 755 ribu serta lagu IDOL dan Fake Love yang memiliki penonton YouTube mencapai lebih dari 600 ribu. Tak heran bila RM juga masuk dalam daftar idol Korea yang menciptakan lagu sendiri dan juga sukses.

6. Amber

Tak hanya idol pria saja yang dapat sukses membuat sebuah karya lagu, tetapi ada juga loh idol Korea wanita yang juga sukses dalam membuat lagu seperti Amber mantan dari grup girl F(x). Amber merupakan rapper dan juga penyanyi yang telah bersolo karir sejak tahun 2015 hingga saat ini. Dan rata-rata lagu yang ia bawakan telah ditulis dan dikomposeri oleh dirinya sendiri.

Lagu-lagu tersebut antara lain Beautiful, Shake that Brass, Heartbeat, Wave dan I Just Wanna. Untuk lagu Shake That Brass, telah sukses masuk dalam puncak tangga lagu Korea dan juga Amerika dengan posisi ke-17 untuk Korea serta posisi ke-4 pada Amerika. Lalu ada lagu Wave pada tahun 2016 yang telah menempati tangga lagu Amerika pada posisi ke-5, serta lagu HeartBeat menempati tangga lagu Amerika pada posisi ke-6 bersama dengan teman satu grupnya yaitu Luna F(x).

Selain membuat dan memproduseri langsung lagu tersebut, ternyata Amber juga ikut andil dalam pembuatan lirik untuk lagu F(x) loh, seperti lagu Beautiful Stranger, Goodbye Summer dan juga Summer Lover.

7. LE EXID

Dan idol Korea yang menciptakan lagu sendiri yang terakhir yaitu Idol wanita LE dari EXID. LE merupakan seorang rapper, penyanyi dan juga produser musik. Wanita berumur 28 tahun ini telah beberapa kali membuatkan lagu hits untuk idol lain, dan telah sukses di pasaran. Ia telah sukses membuatkan lagu milik HyunA yang berjudul Blacklist, lalu lagu miliki K.Will yang berjudul Sweet Girl, serta Verbal Jint dengan Under The Ears.

Tak itu saja, LE juga banyak menciptakan lagu untuk grup girl EXID seperti, Cream, Only One, Good, dan masih banyak lagi.

Itulah ke 7 idol Korea yang menciptakan lagu sendiri dan sangat sukses di pasaran. Tak hanya luar biasa dalam melakukan aksi panggung, nyatanya ke 7 idol ini juga luar biasa dalam menciptakan lagu.


REKOMENDASI
TRENDING